oleh

Sejarah Piala Dunia Dari Dahulu

Pertandingan internasional (antar negara) pertama kali diadakan di Glasgow, yang dimainkan antara Skotlandia dan Inggris pada tahun 1872 dengan skor akhir 0-0. Dua belas tahun kemudian pada tahun 1884 turnamen sepak bola Internasional diadakan untuk pertama kalinya dengan kejuaraan yang disebut Kejuaraan Home Inggris.

Kejuaraan Home Inggris adalah kejuaraan turnamen sepak bola tertua yang diadakan setahun sekali. Turnamen ini diikuti oleh empat tim nasional sepak bola yaitu Inggris Raya (Inggris), Skotlandia, Walles, dan Irlandia. Setelah seratus tahun kemudian pada tahun 1984 turnamen tersebut dihentikan.

Memasuki abad ke-20, olahraga sepak bola mulai populer di seluruh dunia. Pada tahun 1900 dan 1904 sepak bola mulai dipertandingkan di Olimpiade Musim Panas dan Olimpiade Musim Panas ini diadakan tanpa medali.

Ya, semacam pertandingan hiburan yang diikuti oleh para pemain amatir (pesta ekstra jika dalam pertandingan tinju). Lalu pada tahun 1908 sepak bola baru oertama kalinya di masukkan ke pertandingan resmi di olimpiade.

Bersamaan dengan itu, sejak sepak bola mulai dipertandingkan di Olimpiade 1904, sejak itulah muncul ide melahirkan kejuaraan sepak bola dunia di Paris-Prancis.

Dalam kongres ini FIFA memutuskan untuk menerapkan gagasan menyelenggarakan kejuaraan piala dunia di luar program Olimpiade pada tahun berikutnya pada tahun 1906 di Swiss. Inilah cikal bakal sejarah piala dunia di mulai.

Karena baru pertama kali diadakan kompetisi dan masih sangat dini bagi perkembangan sepak bola internasional, maka kompetisi tersebut jarang diminati. Jadi sejarah FIFA juga menjelaskan bahwa kompetisi itu adalah kompetisi yang gagal.

Selanjutnya pada tahun 1909 di Torino – Italia diadakan turnamen sepak bola bernama “Sir Thomas Lipton”. Negara-negara peserta turnamen ini antara lain Italia, Jerman dan Swiss. Masing-masing negara ini mengirimkan klub paling bergengsi ke turnamen ini.

Peraturan sepak bola Inggris (FA) menolak tawaran untuk berpartisipasi dalam turnamen (Sir Thomas Lipton).

Jules Rimet dan Henri Delaunay yang mengikuti kongres di Amsterdam tahun 1928 bersiap untuk kejuaraan bertajuk WORLD CUP yang akan berlangsung setiap 4 tahun sekali.

Selang satu tahun kemudian pada kongres FIFA 17-18 Mei 1929 yang di lakukan di Barcelona – Spanyol, Negara Uruguay akhirnya mendapat dukungan dari 23 peserta kongres untuk menjadi tuan rumah piala dunia pertama yang digelar pada tahun 1930.

Saat itu Uruguay menyingkirkan para pesaingnya dalam memenangi negara tuan rumah antara lain Hongaria, Italia, Belanda, Spanyol dan Swedia. Pada awalnya kejuaraan ini di kenal sebagai Piala Jules Rimet yang merupakan nama pencetusnya

Piala Jules Rimet diciptakan oleh seniman seni Perancis bernama Abel La Fleur, yang merupakan simbol bumi segi delapan yang dipegang oleh Dewa Kemenangan bernama Nike (Dewa Yunani Kuno). Cangkir ini terbuat dari emas dengan berat 3,8 kg dan tinggi 35 cm.

Piala Dunia yang pertama kali diselenggarakan di Uruguay yang berlangsung dari tanggal 13 hingga 30 Juli 1930 ini diikuti oleh 13 negara peserta diantaranya 6 dari Amerika Selatan, 5 dari Eropa, dan 2 dari Amerika Utara.

Negara yang masuk semifinal adalah Amerika Serikat dengan mengalahkan Belgia 3-0, dan Prancis mengalahkan Meksiko 4-1. Maka yang masuk ke final adalah uruguay dan argentina. Juara adalah Uruguay dengan memenangkan pertandingan 4-2 di depan 93.000 penonton. Pertandingan berlangsung di stadion Montevideo dan Uruguay menjadi negara pertama yang memenangkan Piala Jules Rimet.

Gol pertama dalam sejarah Piala Dunia dicetak oleh pemain Prancis bernama Lucient Laurent.

Pada tahun 1938, putra terbaik Indonesia bersama Pemerintah Hindia Belanda mengikuti kompetisi Piala Dunia yang diadakan di Prancis.

Selama Perang Dunia II kejuaraan ini berhenti selama 12 tahun, dan dimulai kembali pada tahun 1950 di Brasil.

Piala Jule Rimet pernah dicuri saat dipamerkan di Pameran Stampex di Westminster Central Hall – London pada saat Piala Dunia di Inggris tahun 1966. Dan untungnya, setelah 7 hari piala tersebut ditemukan oleh seekor anjing bernama Pickles.

Pada tahun 1970 di Meksiko, FIFA mempercayakan Brazil untuk menyelamatkan trofi Jules Rimet karena menjadi negara pertama yang menang 3 kali tahun 1958, 1962 dan 1970.

Kemudian fifa membuat piala baru dengan menggunakan emas 18 karat, dengan tinggi 36 cm dan memiliki berat 4,97 kg dan dirancang oleh seniman ternama Silvio Gazzaniaga yang digunakan hingga saat ini. FIFA menetapkan bahwa hanya pemimpin negara dan pemenang piala dunia yang boleh menyentuh trofi. Kemudian replika piala dunia yang dilapisi emas akan diberikan kepada sang juara untuk disimpan.

Piala Dunia diikuti oleh 24 tim pada tahun 1982 yang sekaligus memberikan harapan yang lebih besar termasuk Asia, Afrika, dan sebagian Amerika Utara. Sejak saat itu, tim-tim dari daerah semakin produktif memasuki babak semifinal. Beberapa dari mereka adalah Kamerun pada tahun 1990.

Tahun 1998 terjadi penambahan peserta menjadi 32 tim

Ternyata sebelum gelar piala dunia FIFA, ajang sepak bola menggunakan piala Jules Rimet. Piala ini dinamai Presiden FIFA Jules Rimet. Trofi ini baru digunakan pada Piala Dunia 1930 hingga 1970.

Mirip dengan trofi piala dunia FIFA saat ini, trofi Jules Rimet juga terbuat dari emas. Namun, trofi Jules Rimet dicuri dua kali, pertama sebelum Piala Dunia 1966 di Inggris Raya dan sekali lagi pada 1983 di Rio de Janeiro.

Banyak sejarah lahir dari para pemain yang berlaga di kompetisi Piala Dunia. Selain itu, banyak pula pemain yang menjadi tenar dan dibicarakan semua orang selama Piala Dunia seperti Diego Armandao Maradona, hingga Pele. Jadi, inilah ringkasan sejarah seputar pemain.

Tak hanya rekor yang dibukukan di Piala Dunia, kontroversi juga tercatat di kompetisi empat tahun ini. Salah satunya, yakni kontroversi atas keputusan wasit saat Inggris melawan Jerman di Piala Dunia 2006.

Pada pertandingan tersebut, wasit tidak mengesahkan gol Frank Lampard, meski dalam tayangan ulang tembakannya yang melambung ke atas mistar telah melewati gawang.

Selain itu, ada lagi kontroversi atas gol dewa yang dicetak oleh Maradona. Saat Argentina melawan Inggris di Piala Dunia 1986 di Meksiko. Saat itu, mencetak gol dengan tangannya saat ingin menerima umpan dari rekan setimnya.

Indonesia ternyata pernah mengikuti kompetisi sepak bola Piala Dunia. Bahkan, Indonesia dipercaya menjadi negara Asia pertama yang berhasil mengikuti Piala Dunia. Hal tersebut terjadi pada Piala Dunia di Perancis tahun 1938. Saat itu Indonesia masih dijajah oleh Belanda, sehingga dalam kompetisi tersebut Indonesia masih disebut Hindia Belanda.

Apalagi selama ini Indonesia selalu mengikuti kompetisi yang berlangsung selama empat tahun ini. Karena tahun kmren piala dunia menggunakan bola yang di buat di majalengka, jawa barat. Oleh karena itu, Anda harus bangga menjadi warga negara Indonesia.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *