Musim Hujan? Ini Tips Aman dan Nyaman Berwisata dengan Motor

Melex.ID - Gimana persiapan liburanmu gaes? Pasti udah banyak yang harus kau siapkan, mulai dari daerah wisata, kemudahan yang diperlukan, hingga transportasi yang akan digunakan untuk hingga ke tujuan.

Meskipun kini ini udah banyak transportasi umum yang memadai dan harganya sudah cukup terjangkau, masih ada sebagian dari kita yang lebih menentukan untuk memakai sepeda motor sebagai alat transportasinya untuk hingga ke tujuan.


Emang nggak ada yang salah sih, tapi sebab ini sudah memasuki isu terkini penghujan, untuk kau yang ingin berlibur memakai sepeda motor, berikut ini ada 5 tips yang mampu kau catat dan coba pribadi sebelum berangkat memakai sepeda motormu. Let’s cekidot!

Selalu menyediakan jas hujan di bagasi motor kamu.


Sama mirip pepatah yang menyampaikan “sedia payung sebelum hujan”, untuk kau yang bepergian memakai motor ada baiknya untuk selalu siapkan jas hujan yang mampu kau taruh di bagasi motor.

Selain itu, kau juga harus memperhatikan jenis jas hujan yang dipakai. Kalo kau memakai jas hujan model “ponco”, pastikan kau mendudukinya semoga tidak berkibar ke mana-mana, yang justru membahayakan dirimu sendiri.

Selalu periksa kondisi motor sebelum berangkat.


Kendaraan apapun harus dicek kondisinya sebelum berangkat, termasuk kondisi motormu. Meskipun terlihat sepele, namun hal ini menyangkut keselamatanmu ketika menggunakannya di jalan.

Selain kondisi mesin yang baik, pastikan kau juga ngecek kelistrikan, lampu-lampu, pengereman, hingga tekanan angin ban dan kekencangan rantai, untuk menghindari mogok hingga kecelakaan di jalan.

Berkendara pelan dan tidak membahayakan orang lain.


Kalo tiba-tiba hujan ketika perjalanan, segeralah untuk mengurangi kecepatan. Kondisi yang licin ini meningkatkan resiko ban untuk terjadi selip, yang mampu saja jadi biang kecelakaan.

Ditambah lagi dengan resiko lubang di jalan yang tertutup air, kau nggak akan tahu di mana posisi lubang yang ada di depanmu.

Selain mengurangi kecepatan, pastikan kau juga tidak membahayakan orang lain, semisal berkendara dengan kecepatan yang terlalu pelan dan memakai lajur tengah, yang mampu saja tidak terlihat orang lain dan menjadikan kecelakaan.

Pilih rute yang bebas banjir dan tanah longsor.


Saat kau berkendara di isu terkini hujan, salah satu yang harus diperhatikan yaitu rute yang kau pilih.

Pastikan rute perjalananmu jauh dari resiko banjir, apalagi tanah longsor yang membahayakan keselamatanmu.

Kamu mampu gunakan aplikasi navigation yang tersedia ketika ini, semisal memakai Google Maps atau Waze yang juga mampu menunjukkan masukan rute perjalananmu dengan mudah.

Bila tidak memungkinkan, berhenti dan berteduhlah!


Kalau hujan turun terlalu deras dan tidak memungkinkan untuk melanjutkan perjalanan sebab jarak pandang yang terbatas, ada baiknya untuk berhenti segera dan cari daerah yang kondusif untuk berteduh.

Eits, tapi kau juga harus hati-hati dan dihentikan berteduh sembarangan ya, pastikan daerah yang kau pilih kondusif dan nggak bikin kemacetan sebab parkir sembarangan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2