Kumpulan Ucapan Hari Krida Pertanian Indonesia | Semangat untuk Negeri!

Melex.ID - Jika setiap tanggal 24 september kita merayakan hari tani maka setiap tanggal 21 juni kita akan merayakan hari krida pertanian nasional.

Hari Krida Pertanian adalah hari besar bagi pertanian yang diadakan setiap tahun di Indonesia. Tujuan dari diadakannya hari perayaan ini adalah untuk memanjatkan rasa syukur terhadap Tuhan YME, karena Indonesia merupakan negara agraris yang memiliki potensi sumber daya pertanian yang berlimpah.


Hari Krida Pertanian juga menjadi wujud apresiasi dan penghargaan kepada para petani, peternak dan pekebun, serta seluruh pelaku pertanian, yang telah bekerja keras menyediakan pangan bagi seluruh rakyat dan menghasilkan berbagai komoditas produk pertanian.

Selain itu, Hari Krida Pertanian juga dimaknai sebagai momentum untuk mawas diri semua insan pertanian untuk introspeksi terhadap semua kekurangan dan kesalahan, serta mengupayakan perbaikan dan peningkatan di masa mendatang.

Tanggal 21 Juni dipilih sebagai Hari Krida Nasional, karena pada tanggal tersebut posisi matahari tepat berada pada garis balik utara (23,50 lintang utara) yang dimana pada saat itu terjadi pergantian iklim yang seirama dengan perubahan-perubahan usaha pertanian.

Pada saat itu, proses produksi tanaman segera berakhir dan akan dimulai persiapan produksi selanjutnya sehingga para petani dapat menyatakan syukur atas hasil panen yang berlimpah atau melakukan intropeksi atau mawas diri bila hasil panen kurang memuaskan.

Sementara itu, berdasarkan pada sistem pembagian musim atau yang biasa disebut dengan pranata mangsa, yaitu suatu sistem pembagian musim (12 musim) yang diuraikan secara lengkap meliputi hujan, angin, serangga, penyakit unggas, dan lain sebagainya, juga menyatakan bahwa tanggal 21 Juni merupakan saat permulaan musim dan dianggap sebagai masa yang baik untuk penanaman kembali.

Oleh karena itu, Hari Krida Pertanian dianggap sebagai ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas karunianya yang berlimpah dan dirasakan oleh banyak petani. Serta dengan diperingatinya Hari Krida Pertanian juga dapat memberikan apresiasi kepada pihak-pihak yang telah berjasa di bidang pertananian sehingga pertanian di Indonesia khususnya tetap berjalan dengan baik serta menciptakan inovasi-inovasi yang dapat membangun pertanian Indonesia lebih berjaya.

Untuk merayakan Hari Krida Pertanian ini, biasanya diadakan kegiatan-kegiatan semacam reboisasi, memperbaiki irigasi, dan lain sebagainya.

SELAMAT MEMPERINGATI HARI KRIDA PERTANIAN KE- 48,

Pada peringatan Hari Krida Pertanian kali ini mengandung makna bahwa sebagai bangsa yang bermartabat, Indonesia harus mampu mandiri di bidang pangan. Kekuatan potensi sumberdaya pertanian harus mampu dikembangkan untuk mencapai kedaulatan pangan.

Tapi jangan gitu gaes, walau gimana pun segala macam yang kalian konsumsi itu adalah hasil dari kerja keras petani Bagaimana jerih payah para petani berjuang untuk kita.

Untuk mengucapkan rasa terima kasih kalian pada petani, Melex.ID membagikan kumpulan ucapan Selamat Hari Krida Pertanian Nasional 2020 yang bisa kita jadikan sebagai status atau caption media sosial.

Ya secara singkat sih bisa sekedar tulis "Selamat Hari Krida Pertanian Nasional 2020".

Tapi kalau mau bermakna dan agak panjangan kalimatnya, atau biar tambah keren kamu bisa pakai kumpulan kalimat ucapan selamat di bawah ini:

Sebagaimana kutipan bijak Sukarno, “Pangan adalah pilar hidup matinya sebuah bangsa” itulah mengapa petani penjaga pangan bangsa, jadi cintai hasil pertanian lokal. Selamat Hari Krida Pertanian Nasional!
Bung Karno pernah berkata “Hidup matinya sebuah negara, ada ditangan sektor pertanian negeri tersebut" . Selamat Hari Krida Pertanian Nasional.
Pemuda zaman now harus belajar dari ilmu padi. Semakin berisi, semakin merunduk. Selamat Hari Krida Pertanian Nasional!!
Jangan biarkan pertanian mengering. Karena tidak akan ada pertanian. Maka tidak ada kedaulatan disini. Selamat Hari Krida Pertanian Nasional.
Selamat Hari Krida Pertanian Nasional untuk seluruh petani Indonesia! Terima kasih atas dedikasinya dalam memberikan hasil tani berkualitas terbaik.
Petani adalah ujung tombak bagi kedaulatan pangan kita. Beri perhatian pada mereka, lindungi mereka dari serbuan import. Semoga petani kita lebih sejahtera.
Yuk, lebih menghargai kerja keras para petani kita. Janganlah kalian membuang-buang dan menyisakan makanan. Ambil secukupnya saja, sisakan untuk saudara kita ya. Petani gembira kita bisa swasembada.
Petani itu guru bangsa mencetak peradaban tanpa pamrih. Tetap bangga walau seolah jadi warga negara kelas dua. Siang berikhtiar menanam dan merawat tanaman, malam menyiraminya dengan air mata doa. Bangga kami kepadamu Petani Indonesia.
Selamat Hari Krida Pertanian Nasional kepada seluruh petani di Indonesia. Petani Sejahtera, Indonesia Maju!
Sawah habis di negeri agraris, Sibuk membangun lupa berkebun. Ojo isin dadi petani ! Selamat Hari Krida Pertanian Nasional.

Demikian ucapan  Selamat Hari Krida Pertanian Nasional, semoga bermanfaat untuk kita semua. Melex.ID mengucapkan Selamat Hari Krida Pertanian Nasional.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2