3 Keuntungan Perusahaan Memberikan Pinjaman Karyawan

Melex.ID - Saat ini, perusahaan berusaha memberikan reward untuk mengikat karyawan yang sudah bekerja dalam waktu tertentu atau menarik minat calon karyawan. Contohnya dengan memberikan pinjaman kepada karyawan karena perusahaan memahami terkadang karyawan tidak memenuhi syarat mendapatkan pinjaman dari bank apalagi jika menghadapi situasi yang mendadak dan mendesak.


Jika karyawan mendapat pinjaman dari bank tentunya juga akan memakan waktu dan tenaga karyawan yang bersangkutan karena membutuhkan izin atau cuti mengajukan syarat administratif.

Perusahaan yang memiliki keuangan yang cukup dapat memberikan pinjaman pada karyawannya sehingga karyawan dapat terbantu dengan bantuan pinjaman tersebut. Sebelum melakukan atau memberikan pinjaman kepada karyawan, perusahaan dapat mengetahui 3 keuntungan memberikan pinjaman kepada karyawan, yaitu:

1. Meningkatkan Loyalitas Karyawan

Dengan memberikan pinjaman kepada karyawan tentunya karyawan akan merasa terbantu oleh perusahaan. Dengan begitu, di mata karyawan hal ini bisa menjadi keunggulan perusahaan sehingga karyawan nantinya akan merasa ingin memberikan feedback atau timbal balik kepada perusahaan dengan berusaha loyal kepada perusahaan. Perusahaan juga dapat mengikat karyawan selama jangka waktu pinjaman yang diberikan secara tidak langsung.

2. Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Kebutuhan hidup saat ini sangat banyak dan beragam termasuk kebutuhan karyawan setiap harinya. Suatu ketika terkadang gaji dan tunjangan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup karyawan. Hal yang mendadak dan mendesak kadang terjadi dalam kehidupan. 

Ketika perusahaan menunjukkan bantuan kepada karyawan, karyawan akan terbantu dan beban pikiran karyawan akan terkurangi sehingga karyawan dapat berkonsentrasi dan meningkatkan performa juga produktivitas kerja sebagai balas budi karyawan terhadap perusahaan.

3. Efisiensi Dana Pengelolaan Karyawan

Karyawan yang terikat pinjaman dalam jangka waktu tertentu akan tidak mudah untuk pindah ke perusahaan lain. HR tidak harus menghadapi dana rekrutmen karyawan baru di kuartal tertentu karena rendahnya turnover karyawan yang dapat mengurangi beban perusahaan. 

Perusahaan dapat merancang dan merencanakan program-program untuk meningkatkan SDM (Sumber Daya Manusia) dengan lebih baik karena karyawan bertahan dalam jangka waktu lebih lama di perusahaan.

Sebelum memberikan pinjaman kepada karyawan, perusahaan harus meneliti dan melakukan riset mendalam terkait peminjaman tersebut dengan berbagai pertimbangan termasuk cara menghitung pembayaran peminjaman. HR tentunya akan merasa kerepotan jika harus melakukan penggajian terhadap beban pinjaman karyawan yang berbeda-beda.

Untuk membantu mengatasi masalah tersebut, sekarang ada platform LinovHR sebagai Payroll Software Online yang dapat melakukan penggajian secara online, gratis, dan efektif.

Tugas HR dapat menjadi lebih mudah dilakukan dan data dapat tersimpan dengan baik dan tepat. Dengan begitu, karyawan dapat terbantu dengan pinjaman tersebut dan perusahaan mendapatkan hasil produktivitas dan performa yang baik dari karyawan serta mendapatkan loyalitas sebagai feedback dari bantuan pinjaman yang ditawarkan oleh perusahaan.

Selain mengelola pinjaman karyawan platform LinovHR juga memiliki banyak modul dan fitur yang dapat diandalkan oleh tim HRD. Seperti modul & fitur organization management, personal administration, time management, benefit, payroll, employee self services (ESS), workflow, sampai modul recruitment & talent acquisition. 

Dengan menggunakan software payroll LinovHR tim HRD akan lebih fokus dalam menjalankan tugas-tugasnya yang berat seperti pengelolaan data karyawan maupun kerumitan dalam melakukan payroll serta tugas lainnya akan dapat terselesaikan secara otomatis oleh software payroll LinovHR.

Buktikan ketangguhan LinovHR sekarang, gratis!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2