10 Destinasi Wisata Gratis (Tanpa Tiket) di Kuala Lumpur - Malaysia

Melex.ID - Tak hanya Singapura yang mempunyai banyak destinasi wisata gratis yang mampu dikunjungi wisatawan, kuala Lumpur juga mempunyai banyak destinasi wisata gratis lho! Sebagai salah satu destinasi liburan luar negeri favorit bagi warga Indonesia, Kuala Lumpur juga menyediakan banyak wisata gratisan yang mampu dinikmati warga setempat dan juga wisatawan lho! Jadi, bagi kau yang sudah mengantongi tiket ke Kuala Lumpur hasil berburu tiket pesawat murah.

Petronas Twin Towers — KLCC

Belum sah rasanya jikalau ke Kuala Lumpur tanpa berfoto dengan Petronas Twin Towers. Menara yang juga dikenal dengan nama KLCC ini pernah menjadi menara tertinggi di dunia dan merupakan kantor perusahaan minyak Petronas. Sudah menjadi pemandangan biasa jikalau melihat turis berfoto dengan latar bangunan ini dan berkunjung ke galeri petronas yang terletak di basement.


Setiap harinya, halaman depan menara ini selalu ramai wisatawan yang ingin berfoto atau sekedar santai. Untuk berfoto dan mengunjungi galeri petronas kau tidak akan dipungut biaya alias gratis. Tapi jikalau ingin naik ke Skybridge (jembatan udara), kau harus membayar tiket masuk.

Akses terdekat: LRT Kelana Jaya Line, turun di Stasiun KLCC.

Menara KL

Ikon kota Kuala Lumpur lainnya yang dihentikan dilewatkan ialah Menara KL. Sama menyerupai Menara KLCC, Menara KL juga sering dijadikan latar untuk berfoto. Taman yang berada di depan menara ini selalu ramai oleh turis yang ingin foto-foto.


Jika kau mau naik sampai ke atas menara ini, ada biaya masuk yang harus dibayar, namun jikalau hanya sekedar berfoto di taman tentu saja gratis. Selain itu, taman di depan Menara KL sering diadakan banyak sekali event menarik yang terbuka untuk umum dan gratis!

Akses terdekat: LRT Kelana Jaya Line, turun di Stasiun Dang Wangi dan berjalan kaki menuju menara selama 15 menit. Bisa juga dengan naik monorel kemudian turun di Stasiun Bukit Nanas dan jalan kaki ke menara selama 10 menit.

Bukit Bintang

Kawasan Bukit Bintang merupakan sentra perbelanjaan kelas atas di Kuala Lumpur, menyerupai Orchard Road di Singapura. Di daerah ini banyak terdapat mall glamor yang menjual barang-barang branded.

 
Banyak wisatwan yang tiba ke Bukit Bintang bukan untuk berbelanja, tapi sekedar window shopping dan menikmati suasana di sekitaran Bukit Bintang sekaligus foto-foto.

Akses terdekat: Naik Monorel dan turun di Stasiun Bukit Bintang. Bisa juga dicapai dari KLCC dengan berjalan selama kira-kira 15 menit.

Masjid Jamek

Masjid Jamek merupakan salah satu masjid kuno di Kuala Lumpur dengan arsitektur unik. Dibangun pada jaman penjajahan Inggris, Masjid Jamek menggunakan arsitektur bergaya Moor yang menarik. Kini, selain dipakai untuk beribadah, masjid ini juga terbuka untuk umum bagi wisatwan yang ingin berfoto dnegan latar masjid unik ini.


Oh ya, masjid ini ditutup untuk wisatawan di waktu sholat, meski demikian kau yang muslim mampu lho mencicipi sensasi sholat berjamaah di masjid ini! Selan itu, bagi kau yang ingin mengunjungi masjid in harus berpakaian yang sopan ya, atau tidak akan diperbolehkan masuk.

Akses terdekat: Naik kereta LRT Kelana Jaya atau Laluan Ampang, berhenti di Stasiun Masjid Jamek. Posisi masjid ini sempurna berada di depan stasiun kereta.

Dataran Merdeka

Dataran Merdeka ialah lapangan luas tempat deklarasi kemerdekaan Malaysia yang mampu dikunjungi gratis. Di sini terdapat tiang bendera tertinggi di seluruh Asia Tenggara lho! Dulunya, Dataran Merdeka ialah sentra pemerintahan Kuala Lumpur pada dikala penjajahan Inggris.


Disini ada banyak bangunan bau tanah dengan arsitektur Inggris kuno yang masih berdiri dan terawat dengan baik.

Diantaranya ialah Bangunan Sultan Abdul Samad, Katedral St Mary the Virgin, Perpustakaan Kuala Lumpur dan yang paling menarik untuk dikunjungi ialah KL City Gallery. Di dalam City Gallergy kau mampu melihat foto-foto sejarah Kuala Lumpur plus miniatur kota KL. Untuk masuk ke Dataran Merdeka tidak dikenakan biaya, tapi untuk melihat miniatur kota KL di City gallery, kau harus bayar tiket masuk RM 5 yang nanti diganti dengan voucher belanja souvenir seharga RM 5 juga. Selain itu, ada juga goresan pena I love KL di depan galeri ini yang mampu menjadi tempat berfoto.

Akses terdekat: LRT Kelana Jaya Line, kemudian turun di Stasiun Masjid Jamek dan kemudian jalan kaki selama 10 menit menuju Dataran Merdeka.

Masjid Negara

Sesuai namanya, masjid in merupakan masjid miliki pemerintah atau kerajaan. Arsitektur Masjid Negara ini beda dari kebanyakan bangunan masjid di Malaysia alasannya ialah menganut arsitektur modern. Bentuk dan juga arsitektunya yang unik ini menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Kuala Lumpur. Interior masjid ini juga sangat megah dan instagrammable.


Bagi wisatawan yang ingin masuk ke daerah masjid ini harus menggunakan pakaian yang menutup aurat atau mampu menggunakan jubah yang disiapkan pihak masjid.

Akses terdekat: Masjid ini erat dengan Dataran Merdeka, sekitar 10 menit dengan jalan kaki.

Taman Tasik

Taman yang satu ini menyerupai dengan Kebun Raya Bogor, yaitu hutan yang terdapat di tengah kota. Pepohonan di dalam taman hutan kota ini ada yang berusia ratusan tahun dan masih berdiri kokoh. Di dalam Taman Tasik terdapat banyak taman tematik yang mampu dikunjungi secara gratis! Contohnya saja Orchid Garden atau taman anggrek yang mempunyai koleksi anggrek anggun banyak sekali jenis.


Ada juga Planetarium Negara yang mempunyai banyak objek menarik menyerupai miniatur jam matahari. Ada juga museum yang didedikasikan untuk Tun Abdul Razak, PM Malaysia pertama. Di Taman Tasik juga terdapat playground yang luas yang mampu dimanfaatkan untuk bersantai.

Akses terdekat: Taman Tasik lokasinya erat Masjid Negara. Kamu mampu berjalan kaki sekitar 10 menit dari Masjid negara atau 20 menit dari Dataran Merdeka.

Kuil Sri Mahamariamman

Kuil yang satu ini merupakan kuil Hindu Tamil tertua di Kuala Lumpur. Berada di daerah Pecinan KL erat dengan Jalan Petaling, kuil ini selalu ramai dikunjungi wisatawan maupun masyarakat yang ingin beribadah.


Arsitektur kuil ini sangat unik dan menawan, dengan banyak sekali patung yang kuasa dewi dalam kepercayaan Hindu Tamil.

Kuil Batu Caves

Kuil lainnya yang populer di Malaysia ialah Kuil Batu Caves. Kuil Hindu Tamil ini mempunyai patung Dewa Murugan berlapis emas setinggi 42 meter! Patung ini merupakan patung Dewa Murugan tertinggi di dunia.


Selain ramai oleh warga yang ingin beribadah, kuil ini juga selalu ramai oleh wisatawan yang ingin melihat kuil dan patung yang kuasa ini dari dekat. Namun kau harus menaiki anak tangga sebanyak 272 buah untuk mencapai tempat pemujaannya lho!

Akses terdekat: KTM komuter darri KL Sentral kemudian turun di Stasiun Batu Caves. Lokasi kuil ini berada persis di sebelah stasiun.

Brickfield

Brickfield merupakan Little India versi Kuala Lumpur alasannya ialah disini banyak tinggal warga keturunan India. Disini, kau mampu mencicipi suasana menyerupai di India, dengan bangunan rumah dan kuil yang berasitektur India.


Ada banyak spot menarik untuk foto-foto di daerah ini, dan kau mampu lakukan secara gratis. Ada banyak juga restoran yang menyajikan kuliner khas India di daerah ini.

Akses terdekat : Stasiun KL Sentral, kemudian berjalan 10 menit menuju Brickfield

Demikan tadi informasi seputar destinasi wisata yang gratis yang ada di malaysia kuala lumpur. Tanpa tiket anda bisa liburan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2