7 Hal Penting Sebelum Memulai Usaha | Kalian Harus Tahu!

Melex.ID - Semua orang ingin memiliki usaha sendiri, karena dengan menjadi pengusaha maka penghasilan akan lebih besar dibandingkan menjadi karyawan. Namun masih banyak diantara kita yang salah jalan sebelum memulai bisnis atau usaha. sehingga semua usaha jadi berantakan.


Untuk mengatasi hal tersebut, admin menyiapkan beberapa hal penting yang wajib diketahui bagi calon pengusaha sebelum memulai usaha dan bisnis. berikut ini silahkan disimak.

1. Memiliki Visi yang Jelas

Saat memulai usaha kecil, anda membutuhkan persiapan yang matang agar usaha yang di rintis dapat meraih keuntungan. Karena dalam dunia usaha hanya ada dua kemungkinan yaitu menjadi sukes atau menjadi terpuruk. Anda harus lebih realistis dalam membuat model bisnis. Buatlah visi yang jelas, tujuan anda dalam memulai bisnis, apakah ingin membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik adalah ide yang bagus, tetapi bagaimana anda akan memulai? Buatlah pemikiran yang jelas dan ringkas sehingga hal tersebut dapat diarahkan menjadi sebuah tindakan nyata.

2. Action atau Tindakan

Anda dapat memiliki ide terbaik di dunia, tapi itu tidak berarti kecuali Anda jalankan karena salah satu kunci sukses dalam berbisnis adalah menetapkan target yang pasti dan merealisasikannya. Banyak pebisnis yang memulai usahanya dengan ide-ide brilian. Namun dalam perjalanan bisnisnya, keberhasilan tidak dapat diraih. Penyebabnya, pebisnis tidak mampu menurunkan ide-ide brilian ini ke dalam langkah-langkah konkret. Hal terpenting yang perlu di ingat adalah semua tindakan atau aktivitas harus nyata dan masuk akal, terkait dengan bisnis yang akan digeluti.

3. Gagal dengan Cepat adalah Kegagalan yang Kecil

Berani Berani gagal mudah diucapkan, mudah dipikirkan namun susah dipraktekan. Kemungkinan untuk gagal memang tidak dapat dihindari karenanya anda harus membuat perencanaan yang tepat, mintalah tanggapan dari orang lain mengenai produk atau usaha anda sesering mungkin. Bekerjasamalah dengan orang-orang yang anda percaya untuk memperbaiki visi anda. Sulit untuk membuka diri terhadap kegagalan, tapi kadang kegagalan itu perlu jika Anda ingin membuat sesuatu yang berharga. Gagal dalam bisnis memang berat. Namun kita harus menanganinya dengan tepat dan sabar.

4. Perhatikan Hal yang Details

Perhatikan hal-hal detail mengenai produk atau jasa yang anda buat. Sebagai contoh saat anda merancang sebuah website cobalah fokus pada sejumlah fitur kecil dan pastikan menjadi sempurna sehingga apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan pelanggan anda terpenuhi.

5. Penyesuaian Software yang Digunakan

Ketika akan memulai usaha kecil anda, salah satu hal terpenting adalah Software. Pastikan sistem software yang dipakai sesuai dengan model usaha anda sehingga visi dan misi yang anda buat akan tercapai. Penggunaan software yang tepat akan mempermudah anda berhubungan dengan konsumen. Perhatikan software yang anda gunakan, jangan sampai anda baru menyadarinya saat sistem software yang anda gunakan tidak bekerja dengan baik.

6. Pemasangan Program yang Tepat

Jika Anda sedang membangun sebuah website, anda harus mempertimbangkan program yang akan di pasang karena hal ini merupakan suatu teknik pengembangan untuk software itu sendiri seperti layaknya dua programer bekerja bersama dalam satu workstation. Satu sebagai sopir yang bertugas menulis kode dengan cepat dan akurat sementara yang lain sebagai pengamat atau navigator yang mengulas dan mempertanyakan setiap baris kode yang masuk sehingga kualitas yang dihasilkan sempurna.

7. Bersedia Menerima Kritikan dari Orang Lain

Kritikan memang kadang dapat mengintimidasi. Menerima kritikan berarti menyadari bahwa kita mempunyai kekurangan. Dengan mengetahui kekurangan yang ada pada kita maka kita bisa memperbaiki kekurangan itu. Memang tidak mudah menempatkan ide dan visi anda. Penting untuk diingat bahwa hanya ide-ide anda yang ditantang. Jadikanlan kritikan dan nasihat dari orang lain sebagai guru untuk mencapai kesuksesan. Berterimakasihlah kepada orang yang mau menegur dan mengkritik kita.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


BACA JUGA