Penghasilan dan Gaji Kurir Pos Indonesia 2020

Melex.ID - Masih banyak sekali diantara kita yang belum tahu penghasilan dari seorang kurir di pos indonesia. Mengapa ada pertanyaan seperti ini? terkadang karena iseng aja, atau bisa jadi kalian lagi mau melamar kerja jadi kurir di pos indonesia.

Dari pertanyaan diatas kita akan menjawab berapa sih penghasilan dan gaji Kurir Pos Indonesia?


Ok deh, berhubung saya kerja di kantor pos tapi bukan bagian kurir. Saya mau sharing sedikit soal gaji kurir-nya.

Kebetulan saya staff SDM, yang setiap bulannya mengurusi payroll karyawan PT Pos regional IV (Tangerang, Bekasi, Cikarang, dan Seluruh Jakarta Raya)

Jadi, kurir di PT Pos itu ada 2 jenis :

Kurir Organik (Karyawan yg sudah mengabdi minimal 10 tahun) 

Rincian gaji kurir organik pun berbeda selama 1 bulan tergantung 'grade' nya. Rata-rata grade kurir organik antara grade 11 - 18.

Kalo dirata-ratakan gaji mereka sebesar Rp. 6,900,000 + plus uang transport dibayarkan setiap tanggal 15 sebesar Rp. 1,000,000 jadi dalam satu bulan isi rekening payroll mereka sekitar 8jtan tanpa target (mau paket banyak ataupun dikit, gaji tetap segitu)

Mereka juga mendapatkan gaji ke-13 setiap tahun sebesar 1x gaji, dan diberi inventaris Motor orange yang ketika sudah 5 tahun menjadi kurir, motor tersebut bisa jadi hak milik pribadi, bisa dijual kembali.

Kurir O-Ranger (nah ini yang menarik)

O-Ranger Bukanlah seorang karyawan PT Pos, melainkan mitra. Sama hal-nya seperti vendor namun secara pribadi/ individu. 

Penghasilan mereka berdasarkan volume paket yg berhasil mereka antar. O-Ranger berasal dari kata Orange, yang merupakan warna lambang dari Pos Indonesia.

Gaji O-ranger flat sebesar Rp. 1,900/ pucuk surat yg berhasil diantar dan Rp. 2,700/ paket berhasil antar. Target mereka sekitar 50 paket dan surat dalam satu hari.

O-ranger mendapatkan insentif uang bensin sebesar Rp. 750,000 per bulan.

O-ranger mendapatkan uang service motor sebesar Rp. 350,000 per bulan (karena O-ranger memakai motor pribadi, bukan motor perusahaan berwarna orange itu)
Dan O-ranger mendapatkan uang kuota internet sebesar Rp. 100,000 per bulan.

Nah, jadi itu ringkasan singkatnya soal gaji kurir di PT Pos yaa. Maaf kalo tulisanku berantakan.

Demikianlah pembahasan tentang Gaji Kurir Pos Indonesia dan penghasilannya dalam sebulan di tahun 2020. semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. terimakasih

By: Farizki Gifari : Postrans Staff di Pos Indonesia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2