Cara Klaim Token Listrik Gratis + Diskon 50 Persen Via Whatsapp dan Situs PLN

Cara klaim token listrik gratis untuk pelanggan daya 450 VA dan khusus pelanggan 900 VA kategori bersubsidi Pascabayar akan mendapatkan dikson tarif hingga 50 persen. Token listrik gratis dan diskon ini hanya berlaku untuk 3 bulan saja yaitu, April, Mei dan Juni 2020.

Bagaimana proses klaim dan mendapatkan token listrik tersebut? tentunya Pemerintah sudah menyiapkan dua opsi, yang pertama melalui Whatsapp dan kedua melalui Situs Resmi PLN. mau tahu bagaiamana caranya? yuk kita pelajari bersama-sama.

Cara Mengisi Token Listrik Gratis & Mendapat Diskon PLN

PT. PLN telah mengumumkan tata cara untuk mendapatkan keringanan biaya listrik bagi pelanggan daya 450 VA dan 900 VA bersubsidi, termasuk bagaimana mengisi token listrik gratis. Keterangan resmi PLN yang dirilis pada hari ini menyebutkan bahwa para pelanggan daya 450 VA kategori pascabayar akan otomatis langsung mendapatkan pembebasan tagihan biaya listrik pada bulan April, Mei dan Juni 2020.

"Untuk pelanggan [450 VA] prabayar dapat memperolehnya [tarif gratis] dengan mengirim nomor ID Pelanggan ke WA dengan nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id," tulis PLN.
 
"Dengan ID itu, pelanggan akan mendapatkan token [gratis] senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir," lanjut keterangan PLN. Sementara pelanggan daya 900 VA bersubsidi kategori pascabayar bisa mendapatkan diskon tarif listrik 50 persen juga secara otomatis pada bulan April, Mei dan Juni 2020. Nilai rekening tagihan biaya listrik pelanggan daya 900 VA bersubsidi kategori pascabayar akan dikurangi 50 persen pada setiap bulan.

Terhadap pelanggan daya 900 VA bersubsidi kategori prabayar, PLN akan memberikan token listrik dengan harga diskon 50 persen senilai pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir. Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka menyatakan saat ini proses memasukkan data 24 juta pelanggan daya 450 VA dan tujuh juta pelanggan 900 VA ke dalam sistem masih berlangsung.

Made mengatakan proses ini akan selesai dalam sepekan ke depan. Setelah proses memasukkan data ke sistem itu selesai, seluruh pelanggan yang berhak menerima keringanan bisa terlayani. "Proses pembagian Token Bebas Tagihan dan Diskon Tarif Listrik ini memang bertahap, yang sudah dimulai pada tanggal 1 april, paling lambat tanggal 11 april seluruh pelanggan yang berhak sudah bisa menikmati program tersebut," ujar Made.

Terdapat dua jenis cara untuk mendapatkan token listrik gratis (bagi pelanggan 450 VA) dan token diskon 50 persen (bagi pelanggan 900 VA bersubsidi).

Pertama, cara mendapatan token listrik gratis dan diskon 50 persen melalui situs PLN:
  • Buka situs www.pln.co.id
  • Masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19
  • Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter
  • Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.
  • Pelanggan memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Kedua, cara mendapatkan token listrik gratis dan diskon 50 persen melalui chat WhatApp (WA):
  • Buka Aplikasi WhatsApp
  • Chat WhatsApp ke nomor 08122-123-123
  • Ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan
  • Token gratis akan muncul
  • Pelanggan memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Demikianlah pembahasan tentang cara mendapatkan token listrik gratis untuk 450 VA dan Diskon 50 persen untuk pelanggan listrik 900 VA. semoga dapat membantu teman-teman semua. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2