Cara Cepat Berhenti Merokok yang Baik dan Benar | Berikut ini Solusi!

Merokok merupakan sebuah kebutuhan bagi sebagian orang, dengan merokok sesorang akan mendapatkan sebuah ketenangan didalam dirinya. menurut pengalaman admin, Sesorang yang merokok karena dipicu oleh beberapa hal, terutama oleh emosi.

Seorang perokok akan merokok jika kondisi jiwanya sedang kurang tenang, misalkan sedang Gelisah, Sedih, Bosan, Sendirian, Sedang gembira, Sedang marah. Namun tetap saja banyak dampak negatif dari pencandu rokok, banyak penyakit yang akan mudah menyerang seorang perokok di bandingkan orang yang tidak merokok.


Dari fakta-fakta itulah akhirnya banyak yang menyadari bahaya merokok dan ingin berhenti mengkonsumsi rokok. sehingga banyak permintaan di pencarian google tentang tips cara berhenti merokok.

Berdasarkan hasil riset admin ada banyak sekali tips dan cara untuk dapat berhenti merokok yang efektif, baik secara alami atau dapat menggunakan ramuan dari obat-obatan di apotik.

Berikut Ini Tips Berhenti merokok Secara Alami yang efektif dan ampuh


1. Tanamkan Niat dalam diri

Langkah awal berhenti merokok yang efektif adalah menyiapkan niat dari dalam diri untuk dapat komitmen dalam melaksanakan nya.

Jika kamu ingin berhenti merokok, maka niat dan komitmen adalah kunci utamanya. semua ini sebagai dasar untuk kamu dapat berhenti merokok selamanya.

2. Berpikir Positif

Berpikirlah positif dalam menjalankan usaha berhenti merokok. Karena orang yang positif thinking akan lebih mudah terhindar dari keinginan merokok, seperti yang saya jelaskan diawal, pemicu orang merokok adalah karena kurang percaya diri dan emosi yang berlebihan.

3. Mencoba Hobi Baru

Saat pertama kali saya niat berhenti merokok, saya pernah mencoba aktivitas baru yang berbeda dari biasanya. misalkan mencoba hobi baru, buatlah aktifitasmu menjadi hobby sehingga apa yang kamu lakukan akan membuatmu lupa dengan rokok. Hal ini terbukti, disaat saya menjalankan hobby saya, maka saya akan fokus dan lupa dengan kebiasaan merokok.

4. Memberi Penghargaan pada Diri Sendiri

Pengahargaan terhadap hasil jerih payah diri sendiri akan menjadi sebuah dorongan yang positif terhadap diri kita. Misalkan kamu dalam sehari menargetkan untuk mengurangi merokok. kalau biasanya kamu merokok sehari 1 bungkus, maka kamu usahakan mengurangi rokok menjadi setengah bungkus sehari. dan jika itu berhasil maka kamu haru apresiasi dirimu sendiri. hal ini akan menjadi kebanggaan diri sendiri.

5. Ceritakan Kondisi pada Orang Lain

Dulu, di saat saya awal mencoba berhenti merokok, jujur saja, saya paling sering cerita dan sharing kepada mereka yang bisa berhenti merokok, meminta masukkan apa yang cocok, hal apa yang perlu dilakukan.

Bisa juga kalian bandingkan diri kalian dengan orang yang tidak merokok, baik dari kesehatan, manfaat, kelebihan dan kekurangan terhadap kehidupan kita.

6. Stok Camilan

Percaya atau tidak, seorang perokok akan merasa asem di mulutnya jika sehari saja tidak menghisap rokok. kurang tahu apa faktor penyebabnya. namun jika kita makan permen makan rasa asam didalam mulut kita akan hilang. Selain permen kalian bisa juga gunakan cemilan lainnya.

7. Hindari Minuman Bersoda, Berkafein, dan Beralkohol

Seorang perokok pasti hobby mengkonsumsi minuman bersoda, berkafein dan beralkohol, meskipun tidak semua sama. namun yang paling dominan adalah suka minuman berkafein seperti kopi. mengapa demikian? karena seseorang yang merokok sambil menikmati kopi terasa lebih sempurna.

Jadi saran saya jauhilah minuman yang bersoda, kafein dan alkohol, sehingga merokokpun akan perlahan berkurang.

8. Menghindari Pemicunya

Seperti yang saya jelaskan diawal, seorang perokok pasti ada penyebab dan pemicunya, apa saja pemicunya? tentu yang paling berpengaruh adalah emosional: seperti gelisah, sedih, bosan, sendirian, sedang gembira, sedang marah.

Jadi usahakan kalian menghidari sifat emosiala tersebut jika berlebihan, terutama saat sedang Gelisah, sedih, bosan dan sendirian. Sebaiknya buat diri kalian selalu beraktifitas dan jangan sering berdiam diri.

9. Konseling (Bimbingan)

Konseling atau bimbingan juga dapat kalian lakukan disaat ingin berhenti merokok, maka kalian harus menemukan tempat yang tepat untuk konsultasi berhenti merokok.

Bimbingan bisa kalian dapatkan melalui teman yang sudah berhenti merokok, karena mereka pasti memiliki beberapa tips khusus yang akan mendukung niat anda dalam berhenti merokok.

Selain itu kalian bisa langsung konsultasi ke dokter, minta masukan dan saran kepada dokter, terutama dokter yang berkaitan dengan paru-paru. jadi kalian akan di beritahu apa dampak merokok bagi kesehatan. sehingga menjadikan diri Anda lebih bersemangat dalam berhenti merokok.

10. Ingat Selalu Manfaat yang Didapatkan

Cara berhenti merokok yang terakhir ini adalah faktor utama yang harus menjadi pegangan orang-orang yang ingin berhenti merokok. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan, antara lain:
Tubuh menjadi lebih sehat.
Mencegah berkembangnya perokok pasif.
Tabungan yang lebih banyak.

Ingatlah, mencoba sesuatu untuk mengalahkan keinginan merokok selalu lebih baik daripada tidak melakukan apa pun. Setiap kali menolak keinginan membakar rokok, Anda selangkah lebih dekat untuk benar-benar bebas dari tembakau.

Demikianlah pembahasan tentang Cara dan Tips Cepat Berhenti Merokok yang Baik dan Benar paling efektif serta ampuh. semoga pembahasan kali ini akan membantu teman-teman dalam berhenti merokok. 

Semua kembali kepada diri anda. jika anda memiliki niat maka semua akan terjadi. Jika ingin sukses maka kalian harus bersungguh-sungguh. begit juga buat yang berhenti merokok, jika bersungguh-sungguh maka akan membuahkan hasil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2