Apa Itu Konten Pilar dan Manfaat SEO untuk Blog | Blogger Harus Tahu!

Haloo blogger, dihari ini saya ingin mencurahkan unek-unek saya yang sudah lama saya pendam. hehe, Biasalah perasaan gelisah ini selalu muncul dibenak disaat saya memiliki pengetahuan baru dan belum saya bagikan kepada teman-teman semua.

Pembahasan kali ini mengenai konten pilar. Ada yang tahu apa itu konten pilar? pembahasan ini sudah pernah saya singgung di artikel sebelumnya tentang cara meningkatkan pengunjung blog bagi pemula.


Namun saya baru membahas sedikit pengertian konten pilar diartikel tersebut. kali ini akan saya kupas secara mendalam agar teman-teman tahu apa sih konten pilar dan manfaatnya untuk SEO blog.

Perlu kalian ketahui, konten yang baik di mata pencarian google adalah konten yang kompleks atau terdapat informasi lengkap di dalam sebuah artikel. sehingga pembaca yang masuk kedalam artikel tidak lagi memiliki pertanyaan. mengapa demikian? karena semua sudah terjawab dengan semua data yang disiapkan oleh penulis.

Sebelum membahas ke inti Konten Pilar, mari kita ketahui dulu apa yang perlu disiapkan oleh penulis saat ingin membuat konten pilar.

Pengertian Konten Pilar

Konten Pilar adalah sebuah artikel pembahasan yang didalamnya berisi informasi lengkap dan kompleks. didalam artikel pilar terdapat data-data pendukung seperti teks penjelesan, Gambar Pendukung, Infografik, dan Video.

Persiapan Penulisan Konten Pilar

  • Lakukan Riset dari berbagai sumber
  • Siapkan Data Pendukung (Gambar, Infografik dan Video)
  • Gunakan bahasa yang jelas dan lugas

Ciri-ciri Konten Pilar

  • Pembahasan Lengkap
  • Terdapat Teks Artikel
  • Terdapat Gambar
  • Terdapat Infografik
  • Terdapat Video
  • Jelas dan Tidak Bertele-tele

Sebenarnya masih banyak ciri-ciri lainnya. namun saya baru tahu itu saja. namun dengan ciri-ciri diatas saja dijamin artikel pilar bakal seo dan mudah bersaing di google search engine.

Mengapa harus menggunakan konten pilar untuk menjadi seo friendly. ya karena dengan seo Konten Pilar kalian akan mendapatkan banyak manfaat. Apa saja manfaatnya untuk blog.

Manfaat Konten Pilar untuk Blog

  • Mudah Bersaing di mesin Pencarian
  • Seo dan Ramah index Google dan mesin pencarian lainnya
  • Mudah menjadi Page One
  • Tahan lama di Page One
  • dll.

Mungkin hanya itu yang saya tahu tentang manfaat Konten Pilar bagi blog dan blogger. Jika kalian penasaran bagaimana sih cara menulis konten pilar, yuk kita bahas sekalian.

Tahap menulis Konten Pilar yang benar


#Pahami Topik dan Masalah yang ingin dibahas


Ingat ya, setiap kali kalian ingin membahas sebuah topik atau suatu masalah. gunakan riset dan perdalam dulu ilmumu dalam topik tersebut. Banyaklah membaca dari berbagai sumber agar kamu benar-benar memahami masalah atau topik yang akan kamu jadikan konten pilar tersebut.

Pastikan semua seluk beluk topik telah kamu pahami dan jangan sampai ada selah sedikitpun untuk pembaca memberikan pertanyaan. karena semua harus sudah terjawab didalam artikelmu.

Siapkan Perangkat dan Data Pendukung


Setelah kalian memahami semua tentang apa yang ingin kamu bahas, saatnya menyiapkan data pendukung. seperti apa data pendukung yang saya maksud?

Data pendukung disini bisa dalam bentuk gambar, Infografik dan video. bagaimana cara menerapkan ilmu seo di dalam gambar, Infogafik dan video.

Untuk Optimasi Gambar menjadi seo friendly bisa kalian perdalam ilmunya di Cara membuat Thumbnail Keren Seo Friendly.

Untuk Infografik usahakan gunakan data yang benar-benar sah dan terjadi sesuai lapangan. kalau perlu kamu langsung riset dan turun kelapangan untuk mendapatkan data infografik yang kongkrit.

Untuk Video, kamu bisa buat pembahasan sesuai dengan topik, video bisa dalam bentuk penjelasan ulang dari apa yang kamu sampaikan di dalam konten, atau bisa juga data video berupa bukti dari pembahasan yang telah kamu bahas didalam artikelmu.

Contoh: kamu membuat tutorial tentang cara membuat thumbnail keren di artikelmu. kamu bisa siapkan video tutorial dalam bentuk video. tujuannya agar pembaca artikelmu bisa lebih paham apa yang kamu jelaskan dan sampaikan.

Riset Kata Kunci Tertarget dan Penerapannya


Dalam Menulis Artikel tidak bisa sembarangan, karena ada yang namanya target kata kunci. Ini merupakan ilmu mutlak mesin pencarian. Jika kamu mencari informasi di google tentu akan muncul artikel sesuai dengan kata kunci yang kamu ketikan. itulah perlunya riset kata kunci.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk riset kata kunci. namun selama ini saya hanya menggunakan cara manual. dan ini lebih bagus dan alami menurut saya pribadi.

Tidak salah jika kalian menggunakan bantuan pihak ketiga dalam mencari kata kunci, seperti google planner dan ntah apa itu lainnya. 

Namun kalau saya hanya menggunakan kata kunci apa yang dicari pembaca di google. jika saya ingin membahas tentang konten pilar misal, maka saya hanya perlu ketik di Google dengan kata kunci "konten pilar". Apa yang muncul di pencarian itu akan menjadi kata kunci yang bagus. silahkan gulir kebawah dan lihat kata kunci tururun yang disediakan oleh google.

Kata Kunci turunan ini merupakan riwayat pencarian user dalam topik tersebut. silahkan kalian manfaat kata kunci tersebut untuk diterapkan di dalam artikel pilarmu.

Bagaimana cara menerapkannya?

Menerapkan kata kunci didalam artikel tidaklah susah, kalian hanya perlu merangkai sebuah kata didalam artikel dan selipkan kata kunci didalamnya.

Penerapan kata kunci yang baik menurut saya ada di bagian 2 paragraf awal artikel, usahakan ada kata kunci utama didalam 2 paragraf awal.

Selanjutnya sebar kata kunci di badan artikel, tentunya setiap paragraf dibagian tengah harus terdapat kata kunci, tapi gunakan satu kata kunci. misalkan judul artikelmu tentang "Manfaat konten Pilar" maka harus ada salah satu kata dari ketiga kata didalam artikelmu. Baik itu kata "manfaat", "konten" atau "Pilar".

Hal ini bertujuan agar google lebih mudah membaca setiap paragraf dan kata kunci didalam artikelmu.

Terakhir terapkan kata kunci di akhir paragraf, disini juga penting kalian pahami. karena robot indeks paling suka merayapi konten diawal, ditengah dan diakhir paragraf.

Silahkan kalian gunakan kata kunci utama di akhir paragraf, akhir paragraf biasanya berisi tentang kesimpulan dan penutup dari artikel pilar. manfaat kata kunci diakhir paragraf dengan cara menanamkan judul artikel didalam akhir paragraf.

Contoh: Demikianlah pembahasan tentang Apa itu konten pilar dan manfaatnya, semoga Bermanfaat untuk kita semua. terimakasih.

itu adalah contoh penggunaan kata kunci judul artikel diakhir paragraf. ini sangat efektif dan sudah saya terapkan disemua artikel saya. kalian bisa cek semua artikel saya. hehe.

Bagaimana? apakah kalian paham tentang apa itu konten pilar dan manfaatnya?. saya harap kalian sudah memahaminya 🤗

Sampai disini dulu pembahasan topik konten pilar. semoga pembahasan ini dapat menambah wawasan kita semua. salam blogger Indonesia.

oh ya, jika ingin lihat bagaimana cara membuat thumbnail keren seo friendly bisa lihat video disini:



Selain itu akan banyak juga pembahasan seputar menulis seo friendly dan cara meningkatkan pengunjung  bagi pemula.

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2