5 Keistimewaan Bulan Suci Ramadhan yang Harus Kamu Ketahui!

Apa saja keistimewaan bulan ramadhan? pertanyaan ini muncul dibenak umat muslim yang ada diseluruh dunia. mengapa demikian? karena mereka ingin tahu mengapa bulan Ramadhan dikatakan bulan suci yang istimewa bagi umat muslim.

Nah, supaya kalian lebih bersemangat dalam menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan tahun 2020 ini. alangkah baiknya kalian mengetahui apa sih yang menjadikan bulan Suci Ramadhan menjadi istimewa.

Istimewa yang dimaksud adalah karena bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh keberkahan dan ampunan. buat umat muslim yang selama ini banyak melakukan kesalahan dan dosa. di bulan ini bisa memohon ampunan kepada Allah S.W.T

Bulan ramadhan memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. supaya bulan ramadhan di tahun 2020 ini jadi lebih indah. yuk kita pahami Bersama-sama mengenai keutamaan dan keistimewaan bulan ramadhan.


5 Keutamaan Bulan Ramadhan Umat Muslim

1. Malam Seribu Bulan (Lailatul Qodar)

Jika kalian pernah melewatkan malam bulan ramadhan di tahun sebelumnya, tentu kalian paham dengan maksud malam seribu bulan ini. 

Menurut Wikipedia, Makna malam seribu bulan atau biasa dikenal dengan Lailatul Qodar adalah sebagai berikut:

Lailatul Qadar atau Lailat Al-Qadar (bahasa Arab: لَيْلَةِ الْقَدْرِ, malam ketetapan) adalah satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadan, yang dalam Al Qur'an digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan.
Luar biasa bukan? malam ini merupakan malam yang mulia untuk umat muslim. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam malam Lailatul Qodar adalah dengan memaksimalkan ibasah kita di 10 hari terakhir di bulan ramadhan.

Semoga kalian yang membaca ini diberikan rahmat dan hidayah dibulan suci ramadhan ini. Aamin

2. Bulan diturunkannya Al Quran dimuka Bumi

Bulan ini sungguh sangat mulia, bagaimana tidak? Al-Qur'an yang merupakan pedoman umat muslim dimuka bumi ini diturunkan pada bulan Ramadhan ini. 

Hal ini dibenarkan dengan disebutkan dalam Al-Qur'an di dalam surat Al-Baqarah ayat 185 yang artinya "Bulan Ramadan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia, penjelasan bagi petunjuk, dan furqan (pembeda)."

Jadi bulan ramadhan ini menjadi bukti bahwa kitab Al-Qur'an menjadikan umat muslim tahu mana yang baik dan yang buruk.

Jadi usahakan untuk beribadah yang maksimal. jauhilah segala larangan dan patuhi segala perintahnya.

3. Doa Umat Muslim Mudah Dikabulkan

Doa adalah sebuah harapan yang baik bagi umat muslim untuk memohon diberikan semua kebaikan dan kebenaran dalam menjalankan hidup.

Untuk itu, dibulan suci yang penuh dengan keberkahan dan ampunan ini marikita bersama-sama memanjatkan doa dan harapan. 

Semoga di bulan ramadhan 2020 ini. kita semua diberikan keberkahan yang luar biasa. selalu menajalankan ibadah puasa dengan baik, dan perbanyak membaca Alqur'an agar semua doa dapat cepat terkabul. Aamiin

4. Dilipatgandakan semua Nilai Amal Ibadah Umat Muslim

Dalam islam, semua amalan manusi akan selalu diberi balasan atau ganjaran. jika amalan buruk akan diberi dosa, namun jika amalan baik akan diberi pahala. 

Dibulan suci ramadhan, umat muslim patut bersyukur karena semua amalan akan dilipatgandakan, jadi marilah kita bersama-sama meningkatkan amal ibadah kita.

Terutama amal ibadah kebaikan yang tentunya akan membawa kita kepada kepada kebaikan juga.

Bagaiamana cara memaksimalkan amal ibadah di bulan suci ramadhan? 

Selain menjalankan ibadah puasa, kalian bisa menjalankan ibadah sholat terawih, bersedekah dan Memberi makan orang yang berbuka puasa.

Wah.. Luar Biasa bukan? yuk maksimalkan ibadah dibulan suci ramadhan 2020 ini.

5. Bulan Penuh Berkah dan Ampunan

Maksud dari bulan oenuh berkah dan ampunan adalah karena terdapat 3 keberkahan di dalam bulan suci ramadhan. apa sajakah itu? yuk kita simak bersama-sama.
  • 10 malam pertama yang merupakan periode penuh rahmat Allah
  • 10 hari kedua yang berisi banyak maghfirah (ampunan)
  • 10 hari terakhir sebagai periode pembebasan manusia dari api neraka

Luar biasa ya keberkahan bulan ramadhan. dari sini kita bisa menilai bahwa setiap hari yanh ada di bulan ramadhan ini tidak lepas dari berkah dan ampunan yang dapat dimanfaatkan umat muslim diseluruh dunia.

Keistimewaan bulan ramadhan memang tiada tara. oleh sebab itu marilah kita bersama-sama memaksimalkan ibadah kita di bulan ramadhan ini. agar kita merasa lega dan merasa bahagia disaat menyambut hari raya idul fitri 1441 di tahun 2020.


Demikianlah pembahasan Keistimewaan bulan Ramadhan, semoga dapat menambah wawasan kita semua. Semoga Allah memberikan rahmat dan keberkahan kepada kita semua. Aamiin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2