Cara Mendapatkan Sitelink dari Google 2020 | Mudah dan Cepat

Apakah kamu pernah melihat Sitelink milik situs sesorang, dan kamu berencana ingin memiliki hal serupa? tahukah kamu bahwa Sitelink tidak serta-merta dapat dimiliki oleh situs. karena Sitelink merupakan bonus yang diberikan oleh google untuk situs tertentu dengan menilai menggunakan alogaritma otomatis rahasia google.

Apakah semua situs memiliki hak yang sama mendapatkan sitelink? semua berhak, namun harus ada beberapa kriteria yang wajib disiapkan disitus untuk bisa dapatkan Sitelink ini.


Berikut ini pengertian Sitelink menurut Wikipedia:

Sitelinks adalah hyperlink ke subhalaman situs web yang muncul di bawah daftar Google tertentu untuk membantu pengguna menavigasi situs. Pemilik situs tidak dapat menambahkan tautan situs apa pun; Google menambahkannya melalui algoritme otomatis rahasia miliknya sendiri.

Apa Fungsi Google Sitelink?

Google sitelink sendiri ternyata tidak hanya berfungsi untuk navigasi website saja, melainkan ada banyak fungsi sitelink yang tidak kalah penting dari navigasi website:
  • Membantu membangun reputasi atas sebuah brand.
  • Meningkatkan kepercayaan pengunjung/user terhadap sebuah website/brand
  • Mencakup SERP yang lebih luas lagi
  • Meningkatkan click-through-rate (CTR)
  • Meningkatkan kekuatan internal links/pages

Sebelumnya akan saya jelaskan terlebih dahulu, untuk mendapatkan Sitelink dari google mungkin masing-masing dari kamu memiliki pengalaman sendiri. bahkan ada juga yang memiliki tips mendapatkan sitelink dengan cepat dan mudah

Nah, yang saya jelaskan kali ini merupakan metode dari pengalaman saya. jadi jangan disamakan dengan yang lain ya.

Menurut pengalaman saya saat mendapatkan sitelink dari goole, ada beberapa faktor penentu diantaranya sebagai berikut:
  • Template
  • Halaman Statis
  • Menu Navigasi
  • Memasang Kotak Penelusuran Sitelink
  • Jaga Kesehatan Webmaster Tools
  • Robot.txt

Bagaimana Cara Mendapatkan Google Sitelink?

Google sitelink ternyata tidak bisa didapatkan dengan cara manual, melainkan sitelink diberikan dengan cara otomatis oleh pihak Google kepada website dengan alasan yang tidak bisa dianggap mutlak. Dalam artian, pihak Google tidak memberitahukan secara pasti—mengapa sebuah website bisa mendapatkan sitelink.

Namun banyak para webmaster yang berujar bahwa sitelink akan diberikan oleh Google apabila sebuah website sudah banyak pengunjungnya, sudah berumur cukup lama, dan kaya akan konten di dalamnya.

Selain itu, ternyata ada beberapa kemungkinan yang dapat dilakukan agar sebuah website bisa mendapatkan google sitelink dengan cepat. Berikut ini adalah beberapa tahapannya:

1. Template

Percaya atau tidak template sangat berpengaruh terhadap Sitelink, karena muncul tidaknya sitelink bergantung dengan template blog, apakah template blog tersebut sudah siap atau masih dalam perbaikan. 

Jika template sedang dalam perbaikan, maka dijamin situs tidak akan mendapatkan sitelink, karena saya pernah bereksperimen dengan cara membiarkan template saya hingga 1 bulan lebih tidak saya otak atik. setelah Sitelink muncul, saya coba perbaiki template, tidak sampai sehari Sitelink langsung hilang di google pencarian.

Jadi kesimpulannya jika kalian ingin cepat mendapatkan sitelink usahakan jangan pernah ngotak ngatik template, apalagi gonta ganti. karena google menilai situs anda masih dalam perbaikan.

2. Membuat Halaman (Statis)

Halaman Statis yang dimaksud adalah seperti About, Privacy Policy, Contact Me, dan lain sebagainya, yang halaman ini memang sepatutnya harus ada pada sebuah website. Membuat halaman penting tersebut diyakini merupakan salah satu faktor untuk bisa mendapatkan Google sitelink.

Dan jangan lupa tempatkan halaman penting ini dibagian menu footer situs. agar mudah dibaca google.

3. Navigasi Halaman Dengan Rapi

Menyusun halaman dan kategori dengan rapi, agar pengunjung tidak kebingungan ketika membuka website anda.

Navigai yang rapih dan mudah dibuka akan membuat google menjadi enak merayapi situs kalian, tentunya pengunjung blog juga akan lebih mudah mendapatkan informasi yang dicari.

Selain itu kalian juga harus menyiapkan navigasi homepage. 

Homepage memang merupakan landasan utama bagi pengunjung, lantas tidak heran jika halaman homapage sering dikunjungi oleh para visitor. Maka dari itu, navigasi yang jelas adalah kunci utama agar website anda memiliki reputasi baik di mata para pengunjung. Navigasi homepage yang jelas juga dipercaya akan mempercepat sebuah website memperoleh google sitelink.

4. Memasang Kotak Penelusuran Sitelink

Bagaimana dengan ini? memang kotak Penelusuran Sitelink bisa dipasang di blogger, tentu bisa dong, karena ini rekomendasi dari Google, jika situs kalain ingin dapat sitelink maka harus pasang kotak Penelusuran Sitelink juga.

Kotak penelusuran Sitelinks adalah sebuah kotak pencarian google yang mencul dibagian situs saat situs dibuka dipencarian google.


5. Menjaga Kesehatan Webmaster

Pastikan anda selalu rutin memeriksa dan menghapus halaman error yang terdapat pada website anda dengan cara membuka akun webmaster tool.

Jangan pernah mengabaikan notifikasi error pada situs, biasanya terjadi error seperti sitelink Penelusuran, Breadchrumb, kecepatan loading, dan kebergunaan seluler.

Kalau bisa keempat elemen tersebut harus aman dari error. karena jika webmaster sehat artinya situs juga sehat. dan peluang mendapatkan sitelink lebih besar.

6. Robot.txt

Pastikan juga robot.txt tidak memblokir halaman-halaman penting yang ada pada website anda.

Robot.txt berguna untuk mengatur mesin penelusuran Google, dengan robot.txt admin situs bisa mengatur Halaman apa saja yang boleh dirayapi dan diblokir oleh mesin pencari.

Jika ingin mendapatkan sitelink saya menyarankan jangan terlalu banyak memblokir halaman penting yang digunakan untuk keperluan sitelink. seperti halaman label jangan diblokir.

Demikianlah pembahasan tentang bagaimana Cara Mendapatkan Sitelink dari Google, mungkin penjelasan saya agak membingungkan, namun itu sudah saya coba sampaikan sebaik-baiknya yang saya bisa. semoga dapat membantu teman-teman semua agar cepat mendapatkan sitelink di google.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2