Cara Mempercepat Loading Blog Hingga 99% di PageSpeed Insights

Kecepatan loading blog sangatlah penting di tahun ini. karena sangat berpengaruh terhadap kenyamanan pengunjung blog, apalagi hampir 90% pengunjung blog saat ini dari mobile. Jika loading blog anda terjamin kecepatannya maka saya yakin akan banyak berdampak baik terhadap kinerja blog anda.

Kali ini saya akan memberikan ide dan trik bagaimana cara mempercepat loading blog tanpa harus mengorbankan desain blog. Pada kesempatan ini kita akan melakukan beberapa setting di blog dan langsung kita cek menggunakan PageSpeed Insights.

Lihat Score Speed blog yang saya gunakan ini.

Pada blog melex.id ini saya menggunakan template milik mas sugeng. template viomagz. template ini dari awal juga sudah memiliki performa yang baik. namun jika kalian audah menambahkan kode pihak ketiga maka akan terjadi penurunan performa kecepatan load.

Nah. bagaimana caranya agar blog kalian tetap memiliki kecepatan diatas 90% di pengecekan PageSpeed Insights. Berikut ini yang perlu kalian ketahui.

Trik Loading Blog dengan Kecepan Load 99% di PageSpeed Insights


Kurangi Widget

Pada umumnya blog terlalu ribet dan banyak macam-macam widget. padahal untuk ukuran blog profesional yang saya ketahui malah jarang memasang banyak widget. Seperti contoh blog mastimon. di blognya hanya ada Widget Postingan Terbaru.

Kalaupun ingin menggunakan widget saya sarankan gunakan 3 widget saja. diantaranya widget artikel terbaru, Label dan Postingan populer.

Kompres Gambar dan Format Webp

Menggunakan gambar dengan ukuran yang terlalu besar akan membuat loading blig menjadi lemot. lalu bagaimana solusinya. kalian bisa menggunakan aplikasi kompres gambar yang ada di internet atau jika kalian menggunakan Android bisa gunakan aplikasi lite foto.

Aplikasi lite foto juga memiliki kelebihan dapat merubah format foto menjadi format .webp dimana format ini direkomendasikan oleh google.

Jangan Gunakan Script Pengalihan ?m=0 dan ?m=1

Pengalaman saya menggunakan kode script ini memang bagus. karena blog kita terlihat profesional karena tidak ada kode mobile ?m=0 dan ?m=1 dibelakang domain ataupun URL artikel.

Pada awalnya kode script ini digunakan untuk menghindari duplicat content. namun setelah saya cari tahu ternyata tidak berpengaruh terhadap duplicat Content.

Percaya atau tidak kode script ?m=0 dan ?m=1 sangat berpengaruh terhadap kinerja loading blog. karena disitu terjadi pengalihan URL. Maka saya menyarankan untuk jangan menggunakan kode ini.

Kurangi kode Iklan (Jika Publisher)

Jika kalian seorang publisher adsense harus menggunakan cara ini. semakin banyak kode iklan di dalam halam blog kalian akan semakin berat loadnya.

Sebenernya sudah ada cara mengatasinya dengan menggunakan kode .js satu saja untuk beberapa iklan.

Namun tetap saja saya merekomendasikan untuk mengurangi iklan. dalam satu blig saya menyarankan untuk menggunakan 2-3 iklan saja.

Penempatan iklan yang startegis di bagian tengah artikel, iklan Matched (pengganti Artikel terkait/related Post) dan widget bagian Sidebar Kanan.

Bagi kalian yang kena pembatasan iklan bisa gunakan cara yang satu ini agar pembatasan iklan kembali normal.

Gunakan Template Ringan

Template ringan tersedia banyak di google. ada yang gratis dan ada juga yang premium. saran saya sih bisa gunakan template viomagz dan textrim.

Kedua template ini memiliki kecepatan loading blog yang luar biasa. tanpa kalian setting saja sudah memiliki kecepatan yang wus wus.. hehe

Demikianlah pembahasan tentang Cara Mempercepat Loading Blog Hingga 99% di PageSpeed Insights. semoga trik yang saya sampaikan ini bisa menambah wawasan dan bermanfaat. terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2