6 Cara Membeli Domain di IDwebhost dan Cara Install di Blogger (Blogspot)



Haloo sahabat Melex.id, Kali ini saya akan berbagi tutorial cara beli domain di Idwebhost lengkap dengan cara setting instalasi custom di blogger platform Blogspot.

Jadi ceritanya ada teman saya yang ingin membeli domain, lalu ingin dibuatin artikel tentang cara membeli domain untuk blogspot. Akhirnya hari ini saya bisa membuatkannya tutorial cara beli Domain sekaligus setting di blogspot. 

Biasa. karena dia jauh, jadi saya harus buatkan artikel, sekalian aja buat berbagi kepada teman pembaca di blog ini kan.


Sebelum masuk kepembahasan. ada baiknya kenalan dulu dengan penyedia domain yang saya gunakan untuk regitrasi di blog Melex.id ini. yuk kenalan dulu.

Apa Itu Idwebhost?

IDwebhost merupakan salah satu penyedia domain dan hosting terbaik yang ada di Indonesia saat ini. Berdiri sejak tahun 2004, IDwebhost mengklaim telah memiliki klien aktif lebih dari 75.000 dengan jumlah domain hingga 122.000 domain aktif. Pada tahun 2009, IDwebhost memperoleh ICANN Accredited yang pertama di Indonesia.

Saya sendiri telah menggunakan layanan di IDwebhost sejak Oktober 2016 yang lalu. Saat itu di ulang tahun domain .net, beberapa provider domain dalam negeri membagikan domain .net secara cuma-cuma, termasuk IDwebhost. Domain pertama saya di Idwebhost adalah www.starpurnama.net

Sejak saat itu saya terus menggunakan layanan dari IDwebhost hingga saat ini, termasuk domain Melex.ID juga saya registrasikan di IDwebhost.

Dibandingkan provider domain lokal lainnya, IDwebhost termasuk salah satu yang memberikan harga domain yang lebih murah. Selain harga yang lebih terjangkau, support yang diberikan juga sangat baik. Dengan memiliki 20 customer care, kita dapat mendapatkan bantuan selama 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu melalui telpon, sms, chatting, whatsapp, maupun email tiket.

Bagi Anda pemula yang baru terjun dalam dunia blog atau web developer, saya sangat merekomendasikan untuk membeli domain nya di IDwebhost. Langsung saja, berikut cara membeli domain di IDwebhost.

6 Cara Membeli Domain di IDwebhost

1. Langkah pertama, Anda masuk ke https://member.idwebhost.com/register.php untuk membuat akun IDwebhost terlebih dahulu. Masukan data diri yang diperlukan mulai dari nama, no hp, email, alamat, kode pos dan lain-lain.

2. Setelah membuat akun dan sudah dikonfrimasi emailnya, masuk ke halaman utama https://idwebhost.com/cek-domain. Ketikan domain yang akan dibeli beserta extensi domain yang diinginkan, disini saya contohkan untuk membeli domain Ruangojol.com, lalu klik Cari.

3. IDwebhost akan mengecek ketersedian domain yang akan Anda beli, apakah masih tersedia atau sidah diregistrasi oleh orang lain. Jika sudah tidak tersedia, maka Anda harus mencari nama domain yang lain sampai tersedia untuk dibeli. Jika domain yang Anda inginkan tersedia, klik Beli Sekarang.

4. Pada bagian Beli Domain dengan Hosting atau Domain Saja?, saya pilih Domain Saja. Sebab saya akan gunakan domain yang akan saya beli ini untuk dipasang di blogspot, sehingga saya tidak memerlukan hosting. Tetapi jika Anda ingin membelinya sekaligus dengan hosting, maka pilih yang Dengan Hosting.

Pada bagian Pilih Nama Domainmu, tentu saja saya centang yang bagian Ruangojol.com, atau sesuai dengan pilihan Anda masing-masing, misalnya pingin beli yang .com, .net, .id dan lainya itu bebas. Pada bagian Amankan Kontak Domain ini tidak saya centang, jika Anda ingin menggunakan fitur ini Anda akan dikenakan biaya tambahan diluar harga domain nya tadi.

Jadi fungsi fitur ini adalah untuk menyembunyikan kontak domain Anda seperti nama, alamat, email, dan no hp agar terlindungi dari spam dan scam. Jadi ini opsional, jika Anda merasa butuh dengan fitur ini silahkan klik tanda centang dan nanti akan dikenakan biaya tambahan.

5. Jangan lupa untuk memilih Metode Pembayaran, sesuai dengan bank yang Anda gunakan supaya tidak terkena charge biaya transfer beda bank. Pilihan metode pembayarannya cukup banyak, mayoritas bank besar tersedia, bisa juga melakukakn pembayaran melalui OVO dan GoPay. 

Kemudian di Review Keranjang Belanja Anda, akan ditampilkan rincian pesanan yang harus Anda bayar. Jangan lupa beri tanda centang pada Saya telah membaca dan menyetujui serta tunduk kepada Ketentuan Layanan. Terakhir klik Checkout.

6. Setelah itu maka muncul tagihan yang harus Anda bayar, segera lakukan pembayaran supaya domain bisa segera aktif. Jangan lupa untuk mencantumkan nomor invoice di berita transfer supaya pembayaran dapat terkonfirmasi secara otomatis.

Namun apabila pembayaran tidak kunjung terkonfirmasi, Anda bisa melakukan konfirmasi secara manual dengan mengirin pesan WhatsApp. Dan ini dia domain saya telah aktif setelah saya lakukan pembayaran.

Selanjutnya setelah domain telah aktif, Anda dapat menggunakannya untuk dipasang di blogger atau blogspot.

Sekarang kalian sudah berhasil membeli domain di idwebhost, langkah selanjutnya adalah penginstalan di blogger blogspot.


Demikianlah pembahasan tentang Cara Membeli Domain di IDwebhost dan Cara Install di Blogger (Blogspot). semoga dapat membantu teman-teman dalam membeli domain di Idwebhost.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


BACA JUGA