Spesifikasi Mobil Listrik Grabcar, Berapa Tarifnya? Cek Disini

Mobil listrik Grabcar akhirnya diluncurkan. Bagaimana spesifikasi mobilnya? dan berapa ya kisaran tarif menggunakan layanan Grabcar Mobil listrik ini? tentunya lebih mahal dong, yuk kita lihat spesifikasinya.

Spesifikasi Mobil Listrik Grabcar

Dijelaskan Deputy Marketing Director Hyundai Mobil Indonesia (HMI), Hendrik Wiradjaja, Hyundai IONIQ merupakan penyempurnaan dari generasi pertama dan satu-satunya di dunia di mana sebuah tipe kendaraan memiliki 3 pilihan electrified powertrains.


"New Hyundai IONIQ Electric adalah salah satu dari 3-iconic powertrain ramah lingkungan milik Hyundai yang sudah dikenal secara global. Selain itu ada juga New Hyundai IONIQ Hybrid dan IONIQ Plug-in," kata Hendrik.

Lebih lanjut Hendrik menjelaskan, New Hyundai IONIQ Electric yang dihadirkan di Indonesia menggunakan baterai lithium-ion polymer dengan kapasitas 38.3 kWh. di mana baterai ini telah mengalami peningkatan dari generasi IONIQ Electric sebelumnya. "Dengan kapasitas baterai terisi penuh, Hyundai IONIQ Electric dapat berjalan sejauh 373 KM (berdasarkan NEDC)," jelasnya lagi.

Motor elektronik New Hyundai IONIQ Electric memberikan tenaga maksimum 136 PS/100 kW dengan torsi 295 Nm dan dilengkapi standar dengan charger on-board 7.2 kW. Dengan stasiun pengisian cepat (fast charging station) 100 kW, baterai New Hyundai IONIQ Electric dapat terisi 80% dalam waktu 54 menit. Stasiun pengisian cepat 50 kW, baterai Hyundai IONIQ Electric mencapai 80% dalam waktu 57 menit.

Bagaimana soal desainnya? sekilas New Hyundai IONIQ Electric tampak seperti mobil-mobil sedan pada umumnya. Desainnya cukup kekinian dengan aplikasi lampu LED projector dan DRL. Bagian buritannya juga cukup keren dengan desain lampu rem yang sporty. Mobil ini juga sudah mengadopsi velg aluminium 16 inchi, yang dibalut ban ukuran 205/60/R16.

Orang yang melihat sekilas mungkin tidak menyadari jika ini mobil listrik. Tapi setelah melihat desain grille yang tertutup, dan tidak adanya lubang tangki pengisian bensin, dan pipa knalpot, banyak orang baru sadar jika mobil ini sepenuhnya mengandalkan tenaga listrik berbasis baterai.

Sementara dari segi safety dan comfort, untuk menunjang kenyamanan dan keamanan berkendara dengan Hyundai IONIQ Electric, mobil ini dilengkapi 7 airbags (driver & passenger, side+curtain, front thorax & pelvis + curtain, knee (driver), PDW (Parking Distance Warning), Electric Parking Brake dengan Autohold, dan Tire Pressure Monitoring System (TPMS),

Sementara untuk mendukung kenyamanan berkendara, Hyundai IONIQ Electric dilengkapi 3 driving modes yaitu Eco, Sport dan Normal. Mobil ini menggunakan jenis transmisi single speed reduction gear.

Tarif menggunakan Layanan Mobil Listrik Grabcar

Bagi Anda yang penasaran dengan rasa berkendara mobil lisrik, kini bisa dengan memesan layanan Grabcar Elektrik powered by Hyundai.

Hanya saja, tarif dan ketersediaan taksi online listrik ini berbeda dengan taksi online biasa. Harga lebih mahal dibandingkan dengan mobil berbahan bakar minyak.

Misalnya, untuk Grabcar mobil konvensional memiliki tarif Rp 15 ribu hingga Rp 20 ribu per kilometer. Tarif taksi mobil listrik ini mulai Rp 17 ribu sampai Rp 22.500 per kilometer.

"Karena pelayanannya lebih eksklusif, mobilnya juga baru, daya ekualnya juga lebih tinggi, kenyamanannya juga lebih baik. Kita akan ada penyesuaian tarif sedikit dibandingkan dengan Grabcar airport, itu sekitar 10 persen sampai 15 persen," terang Presiden Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, Senin (27/1/2020) dikutip dari Merdeka.com.

Sedangkan pemesanan mobil listrik Grab hanya bisa dilakukan di Bandara Internasional Sekarno Hatta, dengan berbagai macam tujuan di Jabodetabek. 

Banyak Peminat
Pemilihan lokasi ini lantaran Bandara Soetta memiliki pasar potensial yang baik. Produk Grab yang dimulai dari Bandara Soetta dinilai memiiliki banyak peminat.

"Pertimbangan kenapa memilih airport ini, karena PT AP II adalah rekan yang sama-sama suka berinovasi, jadi kami mempertimbangkan hal tersebut," tambahnya.

Ridzki menambahkan, pihaknya memastikan para driver Grabcar Elektrik ini adalah mitra pilihan ayng sudah menempuh masa pelatihan terlebih dulu. Pasalnya, ada perbedaan antara mengendarai mobil berbahan bakar BBM dengan listrik.

Risdzki berharap Grab bisa ikut mendukung pemerintah dalam menciptakan ekosistem kendaraan yang ramah lingkungan. Sebab, inilah investasi jangka panjang yang sebenarnya untuk mengurangi polusi udara yang selama ini jadi persoalan di ibukota negara.

"Buka aplikasi Grab pada pukul 12 nanti, sudah bisa ditemukan pilihan Grabcar Elektrik di aplikasi Anda. Silahkan dicoba," tandasnya.

Demikianlah berita yang saya ambil dari Liputan6.com dan Detik.com tentang spesifikasi mobil listrik GrabCar dan Tarif perjalanannya. Semoga berita ini menambah wawasan kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2