Cara Mengatasi Batuk Berdahak Paling Ampuh Secara Alami

Batuk berdahak kadang kala terjadi karena tubuh yang lebih banyak menghasilkan lendir dan dahak pada saluran pernapasan. namun batuk kering merupakan batuk yang tidak mengeluarkan dahak. baik batuk berdahak ataupun batuk kering bisa terjadi karena berbagai macam faktor, sehingga ada berbagai macam cara untuk bisa mengatasinya.
Batuk merupakan reaksi tubuh terhadap suatu benda asing yang kadangkala masuk ke dalam sistem pernapasan. selain itu respon terhadap masuknya suatu benda asing ke saluran pernapasan, batuk juga biasanya merupakan gejala dari penyakit tertentu.

Saat debu atau polusi memasuki sistem pernapasan otot biasanya mengirimkan sinyal melalui saraf tulang belakang melalui otot-otot didalam dada dan perut. pada kondisi batuk berdahak batuk juga biasanya bisa mendorong lendir dari sistem pernapasan sampai Anda dapat bernapas lebih mudah.

Adapun penyebab batuk di antaranya ialah:
penyebab batuk berdahak batuk berdahak merupakan infeksi oleh virus atau bakteri contoh saat sedang flu tubuh akan lebih memproduksi banyak lendir. hal ini bermanfaat untuk menjebak dan mengeluarkan organisme terjadinya infeksi batuk biasanya juga bertujuan untuk mengeluarkan lendir tersebut.
ada beberapa kondisi yang dapat memunculkan gejala terjadinya batuk berdahak sebagai berikut:

Penyebab Batuk Berdahak


Bronkitis

Bronkitis merupakan peradangan yang terjadi pada lapisan di dinding bronkus yaitu suatu saluran di di bawah tenggorokan yang menyambung ke arah paru-paru. tugas bronkus adalah membawa udara melalui paru-paru. biasanya orang yang mengalami bronkitis sering mengeluarkan dahak yang banyak dan berwarna.

Penyakit paru obstruktif kronik

Penyakit yang satu ini merupakan penyakit yang bisa menyebabkan kesulitan dalam bernapas akibat paparan zat iritan yang berjalan dalam waktu yang lama. iritan biasanya suatu polusi udara bisa asap rokok atau pun asap kimia. salah satu gejalanya adalah bentuk yang disertai banyak dahak.

Asma

Asma biasanya merupakan penyakit menahun yang kadang terjadi disebabkan karena penderitanya mengalami batuk yang disertai dengan sesak nafas. batuk yang ada di asma biasanya muncul saat gejala asma kambuh dan lebih sering terjadi pada malam hari.

Post nasal drip

Biasanya kondisi ini ditandai dengan dahak pada saluran pernapasan bagian atas seperti pada hidung atau rongga sinus yang turun di tenggorokan, sehingga dapat menyebabkan gangguan pernapasan yaitu berupa batuk berdahak. post nasal drip bisa terjadi karena beberapa hal mulai dari iritasi saluran pernapasan atas atau infeksi dan alergi kelainan bawaan pada hidung hingga efek samping karena obat-obatan seperti KB hormonal dan obat tekanan darah tinggi.

Setelah kita memahami apa itu batuk berdahak sekarang kita bahas tentang cara mengatasi batuk berdahak.

Cara Mengatasi Batuk Berdahak 

Mengatasi batuk berdahak tergantung dengan penyebab batuknya. apabila batuk berdahak karena virus, seperti yang terjadi pada penyakit flu anda hanya perlu lebih mengkonsumsi air putih dan banyakin istirahat. namun jika penyebabnya karena bakteri anda perlu pengobatan berupa antibiotik yang di resep dokter.

Apabila batuk berdahak terasa mengganggu beberapa jenis obat baik itu ekspektoran atau mukolitik seperti bromhexine dan guaifenesin bisa anda gunakan untuk meredakannya. hal ini bekerja untuk mengencerkan dahak sehingga anda lebih mudah mengeluarkannya melalui pernapasan.

Supaya obat bisa bekerja secara efektif konsumsilah obat tersebut secara rutin berdasarkan resep yang di berikan oleh dokter obat batuk berdahak ini tidak kita sarankan untuk diberikan kepada anak yang di bawah umur 2 tahun.

Periksakan diri ke dokter apabila batuk berlangsung lebih dari seminggu walaupun sudah minum obat promag karena apabila batuk bercampur darah atau dahak nya berwarna hijau atau kuning sesak nafas ataupun mengi dan ditandai dengan berkeringat dingin di malam hari maka dianjurkan kalian berkonsultasi ke dokter batuk.

Demikianlah pembahasan tentang cara mengatasi batuk berdahak aling ampuh secara alami. semoga tips ini bisa membantu teman-teman semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


BACA JUGA