3 Cara Memelihara dan Merawat Kucing di Kos-Kosan yang Benar

Melex.ID - Selamat datang di Tutorial merawat kucing dikosan. semoga agan sekalian selalu sehat dan dalam perlindungan Tuhan.

Kali ini penulis ingin berbagi pengalaman memelihara kucing di dalam kamar kos. Penulis memang bukan peternak kucing profesional, tapi setidaknya penulis memelihara 2 ekor kucing dalam kamar kos, dan itu artinya penulis punya pengalaman yang lumayan dalam memelihara kucing.

Jadi buat agan-agan yang pingin memelihara kucing dan cuma tinggal di kos, 

Berikut 3 tips memelihara kucing di kos. 

Silahkan di simak tips-nya ...

1. Ajari Buang Air di Wc

Menurut penulis, ini hal yang paling penting, apapun jenis kucingnya, agan sebisa mungkin ajari buang kotoran di wc. Karena ini akan sangat menghemat pengeluaran, kan kita gak musti harus beli pasir kucing, yang bisa dikata harganya cukup mahal. Lumayanlah, duitnya kan bisa buat simpenan akhir bulan 😁

Dan kucing kita juga gak kebiasaan buang kotoran di luar, supaya tetangga kos gak pada komplain. Ya wajar sih kalo mereka komplain semisal kucing kita buang kotoran di luar, habis bauk banget kotorannya. 

Trus gimana caranya ngajari kucing buang kotoran di wc? Nah, sekarang penulis kasi tau caranya. Pertama, tentukan posisi dimana kucing agan bakal buang kotoran, baik itu di dekat saluran pembuangan kamar mandi, atau di lubang wc. Kedua, kasi wadah buang kotoran, pake pasir biasa aja gan.


Ini mungkin akan jadi tahap yang cukup merepotkan buat agan, tapi sabar aja gan, paling seminggu atau dua minggu. Dan ingat, kasi wadahnya di tempat agan mau kucing agan buang kotoran. Dan pastikan toilet agan sekering mungkin lantainya, karna kucing kagak suka kena air. 

Nah, nanti kalo kucing agan keliatan mau pup, angkat aja ke tempat buang kotoran yang sudah agan siapkan, terus itu berulang sampai dia terbiasa. Nanti ada masanya dia hapal sama wadah itu, nah pas dia udah apal. 

Coba hilangin wadahnya, awal-awal dia bakal bingung tuh, tapi nanti kalo udah kebelet banget, bakal berak juga di toilet, di tempat agan taruh wadah biasanya. Posisi wadah paling gampang itu, di sudut ruangan, entah kenapa kucing penulis, suka banget pup di sudut ruangan toilet, entar kalo udah selesai dia-nya, tinggal penulis siram deh ke saluran pembuangan toilet. 

Sebenernya gampang banget buat ngelatih kucing pup di wc, cuman ya perlu waktu dan kesabaran. Kalo di part ini penjelasan penulis kurang jelas, silahkan komen aja gan!

2. Siapkan kandang

Kandang kucing itu menurut penulis penting banget gan, soalnya kadang kan kita mungkin gak pingin di ganggu, atau semacamnya, nah tinggal masukin kandang aja deh. Kalo penulis sendiri sih taruh kandang kucing penulis di dalam kamar kos

Soalnya penulis pikir kalo kucing penulis dibiarkan berkeliaran di luar, rawan ketularan penyakit dari kucing lain, dan selain itu, rawan maling makanan tetangga.

Tapi disini penulis gak tau soal bagaimana pengaruhnya terhadap kesehatan agan. 

Soalnya buat penulis sendiri sih, kagak ada masalah tuh. Ya penulis sendiri juga berusaha menjaga kesehatan dan kebersihan kucing penulis. Trus inget, pastikan kandang selalu bersih, dari sisa makanan dan kotoran kucing. Kebetulan kucing penulis gak suka buang kotoran di kandang sih. 

Dan jangan terlalu lama membiarkan kucing agan di dalam kandang, nanti bisa stres gan. Kalo stres dia suka pipis sembarangan, bisa sakit, bahkan sampai mati.

3. Siapkan obat kumur

Ini bukan buat mulut agan lho 😁🙏
Fungsi obat kumur disini sebagai anti bakteri gan. Pilih varian obat kumur yang tanpa alkohol. 

Kadang kan kucing kita luka, atau jamuran, atau pantatnya kotor, nah pada saat itu kita bisa semprotkan obat kumur. Penulis bilang semprotkan, karena obat kumur penulis, penulis taruh di dalam bekas botol parfum. Jadi gampang pakainya, tinggal semproti aja ke bagian yang membutuhkan. 

Menurut penulis ini aman kalo terjilat kucing, kan tanpa alkohol, jadi gak menyakitkan juga buat kucing, dan selain itu, terbukti obat kumur kan juga dipake manusia, sedikit-sedikit pasti ada yang tertelan, dan penulis belum pernah mules gegara obat kumur 😆

Demikianlah cara merawat dan memelihara kucing di kos-kosan. semoga menambah ilmu dan pengetahuan teman teman semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2