Tips Sukses Mastimon dalam Membangun Blog | Kalian Harus Tahu!

Melex.ID - Pernah dengar tentang mastimon? Seorang blogger sukses dari kota Samarinda, beliau adalah suhu bagi para pemula blogger. Karena sudah banyak yang belajar dari kesuksesannya. Termasuk saya yang sedang berjuang membangun blog saya ini dengan penuh keikhlasan dan kesabaran.

Mastimon sudah ngeblog beberapa tahun yang lalu, bahkan berdasarkan yang saya baca dari blognya, mastimon sempat kehilangan blognya yang masih domain .blogspot.com karena melanggar ketentuan google, namun dia tidak patah semangat dan membangun kembali blognya langsung menggunakan domain TLD (Top Level Doamin) Seperti saat ini Mastimon.com


Tips Sukses Mastimon dalam Membangun Blog | Kalian Harus Tahu!

Tidak semua tahu tentang perjuangannya di dunia blog, namun kalian semua bakal tahu bagaimana tips sukses beliau membangun sebuah blog yang sudah dicari oleh sejuta umat. Hehe

Berikut ini saya merangkum beberapa tips yang beliau share atau bagikan kepada para pemula blogger. Semoga bermanfaat:

10 Tips Sukses Membangun Blog ala Mastimon

1. Siapkan Niche Blog

Seorang blogger tidak semata mata hanya menulis artikel saja. Karena mereka juga harus tahu triknya, trik pertama ini adalah tentang Niche Blog. Yang dimaksud Niche blog adalah topik utama atau garis besar permasalahan yang akan di bahas di suatu blog. 

Blog yang profesional biasanya akan fokus dengan satu Niche saja, karena dengan demikian sang penulis akan fokus dengan pembahasan seputar Niche tesebut. Selain itu pengunjung juga akan banyak terbantu karena permasalahanya akan selesai dengan membaca artikel dalam satu blog saja.

Adapun Niche yang paling populer di Indonesia ini diantaranya: Kesehatan, Teknologi dan gadget, Tutorial website, Travel, Bisnis, Otomotif, Hiburan dan Humor, dan download.

Itulah Niche paling populer yang ada di Indonesia, namun perlu diketahui, meski blog mastimon.com merupakan blog dengan Niche gado-gado, tetapi mastimon juga memiliki blog lainnya yang fokus dengan nichenya masing masing.

2. Menulis Berdasarkan EYD

Menulis blog tidak seperti kalian curhat kepada teman, menulis blog harus menggunakan Tekhnik, bagaimana Tekhnikya? Berikut ini kita pahami dulu apa itu EYD.

EYD atau Ejaan Yang Disempurnakan merupakan tata bahasa di dalam Bahasa Indonesia. Tata bahasa ini mengatur secara benar tentang penggunaan Bahasa Indonesia di dalam sebuah tulisan, dimulai dari bagaimana memakai dan menulis huruf kapital hingga bagaimana menambahkan istilah asing di dalam tulisan berbahasa Indonesia dengan benar sesuai kaidah EYD.

Dari itu kita bisa ambil contoh misalkan bagaimana penulisan huruf KAPITAL, huruf Miring, Bentuk ulang (Anak-anak), Gabungan Kata (anak-istri), Kata Ganti (Kau, Mu, Nya) kata depan (di dan ke)

Nah hal sepele seperti itu harus kalian perhatikan, karena itu akan mendukung profesionalitas penulis itu sendiri.

3. Manfaatkan Tekhnik SEO

Tekhnik SEO masih banyak yang belum tahu, mereka hanya sekedar menulis dan menulis. Padahal seoarang profesional blog jika menulis artikel pasti ada Tekhnikya.

Tekhnik SEO (Search Engine Optimization) atau pengoptimalan mesin penelusuran. Tekhnik ini dilakukan agar mesin penelusuran mudah menemukan artikel yang berkaitan dengan topik yang dicari pengunjung.

Misalnya, kamu mencari "cara membuat blog" di pencarian google, maka akan muncul artikel dengan kata kunci "cara membuat blog" juga. 

Nah yang muncul di page one (halaman pertama google itu pasti artikel yang SEOnya bagus. Sehingga artikel mudah ditemukan.

Silahkan masukkan kata kunci di bagian awal paragraf, tengah paragraf, dan akhir paragraf.

4. Tentukan Keyword/Riset Kata Kunci

Menentukan keyword dan Riste kata kunci, hal ini penting diketahui bagi para blogger agar mereka tidak asal membuat artikel, buat apa nulis artikel banyak tapi gak kebaca google dan susah ditemukan oleh google search engine.

Hal pertama sebelum kalian menulis artikel, kalian harus riset kata kunci dulu, seandainya ingin membuat judul artikel, silahkan cek dulu di google, sudah ada belum artikel dengan judul yang akan kalian buat. Kalau ada maka kalian harus buat judul yang unik tetapi tidak keluar dari topik.

Untuk riset keyword atau kata kunci kalian bisa menggunakan Google Keyword Planner, SEMrush, Moz, Wordstream, dll

Silahkan kalian gunakan tools tersebut untuk mencari kata kunci terbaik.

5. Gunakan Template SEO friendly

Selain konten yang baik, sebuah blog akan terlihat profesional dengan menggunakan template yang bagus, bagus yang saya maksud adalah enak dipandang, tidak terlalu ribet dan tampilannya bisa menyesuaikan layar, misalkan dibuka di Android maka akan mobile friendly dan di buka di dekstop juga akan menyesuaikan.

Hal ini sangat berpengaruh terhadap SEO dan kebetahan pengunjung, oleh sebab itu lebih baik menggunakan template yang sudah mendukung fitur tersebut. 

Penyedia template SEO friendly banyak, diantaranya Mas Sugeng dengan Viomagznya. Seperti template yang saya gunakan saat ini.

6. Cek Kesehatan Blog

Sebuah blog yang mudah keindex di google search engine memiliki beberapa faktor, diantaranya adalah kesehatan blog, maka dari itu silahkan kalian cek secara rutin kesehatan blog kalian melalui webmaster Tools.

Webmaster Tools merupakan dokter bagi sebuah situs atau blog, karena terindex atau tidaknya sebuah blog bergantung dengan tools yang satu ini.

Jadi silahkan kalian cek kesehatan blog kalian dengan melihat tingkat indeks dan error yang ada di situs anda.

7. Rutin Update Artikel

Sebuah blog akan terlihat hidup apabila ada aktifitas didalamnya, seperti rajin update artikel. Dengan rutin mengisi blog dengan artikel maka blog kalian akan terlihat oleh search engine sebagai blog yang aktif dan sehat.

Setiap kali kalian update artikel maka akan cepat dibaca oleh search engine apalagi jika tulisan anda original. Page one cocok untu semua artikel di situs anda.

8. Loyalitas Tinggi

Bukan hanya perusahaan saja yang harus kita beri loyalitas tinggi, blog kalian juga butuh itu. Kalian harus memberikan yang terbaik untuk blog anda.

Jangan malas dan tetap semangat berbagi, menulis artikel bermanfaat dan terus berbagi, karena dengan berbagi maka amal akan semakin banyak dan ilmu kalian akan bermanfaat untuk orang lain.

Tanamkan jiwa semangat didalam diri anda. Tetap yakin dan fokus, karena memperjuangkan apa yang kita harapkan tidaklah mudah.

9. Pasang Backlink

Backlink, tahukah kalian apa itu backlink? Menurut pendapat saya backlink adalah sebuah tautan yang mengarah  ke situs kita dan dipasang atau ditanam di sebuah situs milik orang lain.

Sehingga situs kita akan mendapatkan lalu lintas pengunjung dari situs yang kita titipkan tautan tersebut. Backlink ini sangat berpengaruh terhadap nilai peringkat Alexa rank sebuah situ.

Semakin banyak backlink yang kita pasang maka semakin banyak juga kesempatan situs mendapatkan pengunjung. Jadi saya menyarakan kepada kalian untuk menanam backlink di situs situs besar yang ada di Indonesia.

Silahkan kalian cari sendiri penyedia backlink di google. Semoga bermanfaat.

10. Berdoa

Terakhir yang paling penting dan harus dilakukan seorang blogger adalah berdoa, mastimon memesankan kepada calon blogger agar selalu ingat kepada sang pencipta dan berdoa kepada-NYA karena tanpa seizin-NYA semua tidak akan terjadi 
Jangan lupa juga berbagi dan sedekah kepada sesama. Karena itu baik untuk kesehatan jiwa dan raga. 

Itulah tadi Tips dari suhu kita mastimon tentang bagaimana cara membuat blog yang benar, sehingga kita bisa menjadi seorang blogger sukses seperti mastimon. Tetap semangat dan jangan putus asa. Karena untuk mencapai kesuksesan harus mengarungi ujian dan cobaan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2