5 Peran dan Manfaat Sosial Media Terhadap Bisnis | Nomor 1 Penting!

Melex.ID - Peran Media sosial terhadap bisnis, hal ini perlu kalian ketahui alasannya. Berbicara soal bisnis, penting kalian berbicara soal strategi. Karena bisnis akan maju dan berkembang apabila kita tahu bagaimana cara memanfaatkan segala sesuatu untuk membantu perkembangannya. Misalnya media sosial, Media sosial dawarsa ini sangat berpengaruh terhadap kemajuan sebuah bisnis. 

Mengapa saya katakan demikian? Alasan yang paling tepat adalah karena media sosial merupakan wadah dan tempatnya masyarakat berkumpul dan bersosial. Selain itu media sosial sudah ada wadah minatnya masing masing dan kategori tertentu yang bisa memudahkan bisnismen melihat pasar dan target pasar.

5 Peran dan Manfaat Sosial Media dalam Mengembangkan Bisnismu
Untuk lebih jelasnya mari langsung saja kita bahas peran dan manfaat sosial media dalam meningkatkan perkembangan Bisnis.

Saya yakin kalian memiliki beberapa media sosial yang terpasang didalam perangkat smartphone, jadi kalian harus bisa memanfaatkan sosial mediamu untuk melancarkan semua bisnis dan usahamu.

Jadikan sosial media sebagai ladang perkembangan bisnis. Berikut ini beberapa peran dan manfaat media sosial bagi Bisnismu.

 1. Media Promosi

Promosi menggunakan sosial media sudah lama dilakukan oleh masyarakat dan perusahaan dalam memperkenalkan berbagai macam produk yang ada. Namun pertanyaannya adalah, Apakah cara promosi menggunakan media sosial ini masih bagus dan efektif? 

Jawabannya sangat efektif!, Mengapa demikian? Karena pengguna media sosial akan terus bertambah dan semakin luas jangkauannya. Untuk kalian yang ingin memasarkan produk di media sosial harus pintar memilih target pasarnya. Karena dengan media sosial kalian sudah bisa memfilter siapa yang cocok menjadi target pasar produk yang ingin dipasarkan.

Selain itu media sosial menawarkan target pasar yang tidak ada batasan, baik dari dana, jarak dan waktu yang digunakan.

2. Melihat selera pasar

Sebuah bisnis tentunya lahir dari berbagai macam alasan, diantaranya karena adanya keluhan dari masyarakat dan kita menyelesaikan masalahnya dengan memberikan solusi terbaik. 

Seperti yang kita ketahui bahwa media sosial sebagai wadah untuk masyarakat menyampaikan apa yang sedang dilakukan dan dirasakan saat ini. Secara tidak langsung kita tahu apa saja keluhan masyarakat. Sebagai bisnismen kita harus bisa membaca peluang dan memberikan solusi dengan menciptakan produk yang bisa menyelesaikan masalah mereka.

Jadi kesimpulannya media sosial bisa dijadikan alat melihat selera dari pasar yang akan kita targetkan.

jika melihat hal ini saya teringat dengan kata kata berikut ini "Ubahlah Keluhan Orang menjadi Peluang"

3. Melihat pengalaman pelanggan

Pelanggan anda merupakan faktor penting dalam mengembangkan bisnis. Nah sosial media bisa kalian gunakan sebagai alat untuk memberikan pengalaman pelanggan.

Misalnya kalian bisa membuat Fanspage di sebuah laman media sosial, disana kalain bisa memberikan kepada pelanggan memberikan rating, bagaimana perasaan pelanggan setelah menggunakan produk kita.

Dengan demikian kalian wajib memanfaatkan media sosial ini sebagai wadah bagi pengalaman pelanggan. Semua tujuannya untuk tolak ukur seberapa puas pelanggan terhadap kinerja produk yang kita miliki. Sehingga ini akan menjadikan inovasi baru bagi produk anda.

4. Melihat kompetitor bisnis Anda

Sebagai pebisnis kalian pasti akan memiliki kompetitor, halnini biasa terjadi dalam dunia sosial ini. Oleh karena itu kalian juga bisa memanfaatkan media sosial untuk melihat kinerja dari kompetitor kita.

Bagaimana mereka memberikan pelayanan kepada konsumen, atau melihat strategi promosi yang diterapkan. Semua menjadi referensi bagi kelangsungan produk kalian dalam persaingan.

Menjadi tolak ukur kalian agar tidak tertinggal dengan kompetitor dan kalian siap berinovasi dengan hal hal yang baru dan unik untuk bersaing dengan sehat di media sosial.

5. Target penjualan yang jelas

Target yang jelas dan tepat, tentunya ini sudah saya jelaskan di bagian atas tadi. Maksudnya adalah dengan media sosial kita akan lebih mudah mendapatkan target pasar yang sesuai dengan yang kita inginkan.

Apalagi sekarang media sosial selalu menggunakan informasi data umur, jenis kelamin, dan informasi pribadi lainnya. Ini jadi kesempatan kalian para pebisnis lebih mudah menargetkan pasar sesuai kebutuhan.

Jika kalian memiliki produk untuk pasar anak anak, kalian bisa menciptakan target promosi kalian langsung dengan filter anak-anak.

Jadi bagaimana? Apakah kalian sudah paham bagaimana peran dan manfaat media sosial untuk Bisnismu? Kalau sudah paham silahkan manfaatkan ilmunya dan jika masih belum paham silahkan kalian komentar di kolom yang disediakan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


BACA JUGA