Apa itu Kanker Ginjal? Berikut Gejala, Penyebab, Obat dan Pencegahannya

Melex.ID - Kanker ginjal adalah penyakit di mana sel-sel ginjal menjadi ganas (kanker) karena tumbuh di luar kendali dan membentuk benjolan di tubuh. Biasanya terjadi pada ginjal.

Kanker ginjal rata-rata terjadi pada lapisan tabung kecil yang disebut tubulus di daerah ginjal dan biasanya disebut karsinoma sel ginjal.


Ketika kanker ginjal ditemukan sebelum menyebar ke organ lain, kanker lebih mudah untuk diobqti dan disembuhkan.

Gejala Kanker Ginjal

Pada awal pertumbuhan sel kanker, kanker ginjal adalah ditandai dengan sebagian asimtomatik besar sampai sel-sel kanker tumbuh lebih.

Ada sejumlah gejala kanker ginjal yang Anda dapat kita ketahui, diantaranya:
  • Urine yang berwarna merah muda dikarenakan mengandung darah.
  • Terasa ada benjolan di daerah pinggang di bagian belakang.
  • Kehilangan nafsu makan tiba-tiba.
  • Nyeri pada pinggul yang terasa lama.
  • Demam berlangsung selama 2 minggu tanpa infeksi tenggorokan atau flu.
  • Kelelahan sering tanpa sebab.
  • Pembengkakan pergelangan kaki.

Ketika Anda merasa gejala-gejala ini, terutama ketika Anda merasa sakit dan terasa ada benjolan di sisi pinggang, silahkan kalian konsultasikan ke dokter.

diagnosis kanker ginjal memerlukan pemeriksaan fisik dan serangkaian tes ekstensif. tes tersebut meliputi tes urine, tes darah, sinar-X ginjal, ultrasound, computed tomography, magnetic resonance imaging (MRI) dan ginjal angiografi.

Gejala kanker ginjal akan lebih jelas ketika tahap kanker ginjal menjadi lebih besar. Kanker ginjal itu sendiri memiliki 4 tahap yaitu:
  • Tahap 1: sel-sel kanker dari 7 cm atau lebih kecil muncul di ginjal.
  • Tahap 2: Sel-sel kanker tumbuh lebih dari 7 cm.
  • Tahap 3: sel kanker telah menyebar ke setidaknya satu dari kelenjar getah bening di sekitarnya, atau di pembuluh darah besar dari ginjal, atau meluas ke dalam pembuluh darah utama atau jaringan perinefrik.
  • Tahap 4: Kanker telah menyebar ke organ lain, seperti usus, pankreas atau paru-paru.

Penyebab kanker ginjal

Belum diketahui persis apa yang menyebabkan kanker ginjal. Namun, karena gaya hiduplah yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker ginjal. Berikut adalah beberapa faktor yang meningkatkan risiko kanker ginjal orang banyak perlu ketahui:

1. Merokok
Perokok memiliki peningkatan risiko kanker ginjal lebih besar dibandingkan mereka yang tidak merokok.

2. Pria
Pria juga memiliki peningkatan risiko kanker ginjal adalah dua kali lebih tinggi dari wanita.

3. Kegemukan
Berat di atas tingkat normal indeks massa tubuh dapat menyebabkan perubahan hormonal yang meningkatkan risiko kanker ginjal.

4. Obat analgesik
Penggunaan obat penghilang rasa sakit untuk waktu yang lama dapat meningkatkan risiko kanker ginjal.

5. Genetik
Beberapa faktor genetik seperti von Hippel-Lindau (VHL) atau bawaan papiler karsinoma sel ginjal dapat juga menyebabkan seseorang lebih mungkin untuk mengembangkan kanker ginjal. Memiliki keluarga sejarah kanker ginjal, terutama saudara kandung juga merupakan faktor risiko utama.

6. Paparan bahan kimia
Sering bersentuhan dengan bahan kimia tertentu, diantaranya asbes, kadmium, benzena, pelarut organik, atau herbisida bisa meningkatkan risiko.

7. Hipertensi
Meskipun tidak jelas apakah tekanan darah atau obat yang digunakan, tetapi kebanyakan orang dengan tekanan darah tinggi mungkin mengembangkan kanker ginjal.

Pengobatan Kanker Ginjal

Pengobatan Kanker ginjal akan diberikan oleh para ahli, seperti urolog, ahli onkologi medis atau radiasi dan Ahli Bedah.

Ada beberapa jenis pengobatan untuk kanker ginjal. Dalam banyak kasus, operasi adalah langkah pertama dalam kanker penyembuhan ginjal. Meskipun operasi ini mampu menghapus semua sel-sel kanker, perawatan lanjutan perlu dilakukan sehingga semua sel-sel kanker benar-benar hilang.

Pencegahan Kanker Ginjal

Seperti jenis kanker lainnya, kanker ginjal dapat dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti berhenti merokok, menjaga berat badan yang sehat, menjaga tekanan darah dan mengurangi paparan produk bahan kimia dalam tubuh.

Nah itulah pembahasan tentang Apa itu Kanker Ginjal? Berikut Gejala, Penyebab, Obat dan Pencegahannya, Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2