Mengatasi RKT Halaman Adsense Membengkak | Nomor 1 Wajib dilakukan!

Melex.ID - RKT Halaman atau RKT Laman Google adsense merupakan singkatan dari (Rasio Klik Tayangan). RKT laman di google adsense yang naik tajam (Membengkak) maka pertanda tidak baik terhadap akun google adsense itu sendiri. karena pihak google adsense menilai tingkat kecurangan publishernya melalui metrik ini.

Tapi jangan khawatir jika memang kalian tidak melakukan kecurangan atau memang klik iklan berasal dari pengunjung blog. Karena adsense juga lebih canggih akan hal ini.


Bagaimana perhitungan RKT Halaman Adsense?

RKT laman

Rasio klik-tayang (RKT) laman adalah jumlah klik iklan dibagi jumlah tampilan laman.

RKT laman = Klik / Tampilan laman

Misalnya, jika Anda menerima 2 klik untuk 250 tampilan laman, RKT laman Anda adalah 0,8%. (2 / 250 = 0,8%)


Dari penjelasan diatas kalian pasti tahu bagaimana cara menghitung RKT halaman adsense kalian.

Berapa persen jumlah RKT Halaman Aman Google Adsense?

Kita mungkin tidak dapat mengetahui pasti berapa persen (%) Nilai RKT Laman yang aman. maksud aman disini adalah terhindar dari banned atau akun dinonaktifkan.

Namun berdasarkan pencarian yang saya lakukan di beberapa forum, ternyata sebagian besar dari mereka mengatakan bahwa nilai aman RKT Halaman Adsense adalah di bawah 10%.

Setelah saya pikir dan rasakan langsung di akun adsense memang benar apa yang mereka katakan. soalnya RKT laman adsense saya pernah mendekati 10% sekitar 9.7% dan itu berpengaruh terhadap akun adsense. saya langsung mendapatkan pembatasan iklan.

Selengkapnya: Penyebab Pembatasan Iklan AdSense | Iklan Ditampilkan Dibatasi

Saya juga bingung mengapa klik iklan di akun saya 2 hari yang lalu (sebelum artikel ini saya tulis) RKT laman membengkak karena jumlah Klik banyak sedangkan jumlah tayangan masih kecil.

Nah kalau kalau kalian memiliki masalah seperti saya atau kalian yang kena pembatasan iklan juga bisa melakukan hal ini.

Karena sebagian besar mengapa banyak publisher terkena Pembatasan Iklan adalah karena membengkaknya RKT laman. walaupun ada juga alasan lain karena trafik blog yang masih terbilang kecil.

Mengapa RKT halaman Harus bernilai Rendah?

Banyak alasan mengapa RKT halaman/laman harus kecil dan rendah, berikut ini beberapa alasannya:
  • RKT laman merupakan tolak ukur google adsense terhadap kinerja publishernya
  • RKT yang besar membuat google menilai blog anda melakukan spam. tidak masalah juga RKT tinggi jika klik memang dari pengunjung real.
  • Google menilai invalid klik berdasarkan persentase RKT Laman.
  • Untuk menghindari Pinalti dari google adsense.
  • Dapat menurunkan nilai BPK (Biaya Per Klik) karena google menggunakan harga pintar (Smart Pricing)

Nah itulah alasannya mengapa RKT Laman harus rendah. lalu bagaimana jika RKT laman kalian tinggi, berikut ini saya ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk menurunkan nilai RKT laman agar tidak tinggi atau membengkak.

RKT bengkak terlalu banyak resikonya. baca cara mengatasinya.

Mengatasi RKT Halaman/Laman Yang Bengkak

  • Tetap semangat buat konten dan tingkatkan Trafik organik dari mesin pencari. karena dengan sebagian besar trafik organik dari google dapat mengamankan akun anda.
  • Kurangi Jumlah iklan di dalam blog. Terlalu banyak iklan dapat mempengaruhi RKT juga. apalagi bagi yang terkena pembatasan iklan. Gunakan Iklan Manual 1 slot dibawah judul artikel dan lainnya biarkan menggunakan iklan otomatis.
  • Untuk menghindari BOm Klik dari pengunjung nakal silahkan gunakan script anti bom klik. cari saja di google.

Sebenarnya masih banyak cara lainnya, namun saya rasa cara ini paling cocok untuk dilakukan. pesan saya juga jangan sering membuka situs/blog kalian sendiri didekstop atau smartphone dengan IP (Internet Protocol Address) yang sama. karena itu juga berdampak terhadap RKT. dan Nilai BPK akan menurun. hal ini bisa menyebabkan invalid klik dan beresiko pinalti dari google adsense.

Mungkin sekian dulu Penjelasan tentang RKT laman yang bengkak dan bagaimana cara mengatasinya. semoga artikel ini bermanfaat. salam blogger indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2