5 Sumber Daya Alam di Pulau Bali | Kalian Harus Tahu!

Sumber daya alam yang ada di Bali | Mungkin masih banyak yang belum tahu sumber daya alam apa saja yang ada di pulau bali, kalian hanya tahu kalau bali adalah surganya indonesia untuk wisata. namun kalian belum memahami kalau di bali juga terdapat sumber daya alam yang bisa memberikan penghidupan untuk masyarakat bali itu sendiri.

Kemarin ada pertanyaan dari warga google tentang sumber daya alam apa saja yang ada di bali.

Saya akan mencoba menjawab dengan dua jawaban:

Jawaban pendek:

Sumber daya alam yang ada di Bali antara lain adalah:

  1. Kelautan berupa penangkapan ikan dan budidaya rumput laut.
  2. Lahan pertanian yang menghasilkan padi dan kopi.
  3. Sumber air panas
  4. Pantai dan terumbu karang
  5. Padang rumput


Jawaban panjang:

Bila dibandingkan pulau lain, pulau Bali memang tidak memiliki tambang mineral atau bahan bakar fosil dalan jumlah besar. Namun pulau ini memiliki sunberdaya alam lainya yang kaya yaitu:

1. Kelautan berupa penangkapan ikan dan budidaya rumput laut.

Wilayah selat Bali yang menghubungkan pulau Jawa dan pulau Bali kaya akan ikan seperti ikan lemuru dan ikan teri. Selain itu di Nusa Penida dan Bali bagian timur, terdapat budidaya rumput laut dengan menggunakan keramba di pantai. Hasil rumput laut ini menghasilkan rumput laut yang diekspor ke berbagai negara seperti Jepang dan China.

2. Lahan pertanian yang menghasilkan padi dan teh.

Lahan pertanian di Bali sangat subur karena tersusun atas tanah hasil deposit avu gunung berapi. Abu ini dihasilkan oleh Gunung Agung dan Gunung Batur, dua gunung berapi di Bali.

Lahan pertanian ini dikelola secara tradisional dengan sistem subak yang mengatur pembagian air di sungai-sungai di pulau Bali.

Produk dari lahan pertanian ini terutama adalah padi. Selain itu juga dihasilkan kopi, termasuk kopi luwak yang merupakan jenis kopi paling mahal di dunia.

3. Sumber air panas

Bali memiliki sumber air panas di wilayah pegunungan, terutama sekitar Ubud. Sumber air panas ini menjadi tempat wisata berupa pemandian dan spa yang sangat ramai dikunjungi wisatawan.

4. Pantai dan terumbu karang.

Pantai di pulau Bali seperti Seminyak, Kuta, Sanur, dan Benoa merupakan daya tarik wisata utama Bali.

Selain Bali juga memiliki terumbu karang yang indah di Tulamben dan Nusa Penida yang digunakan sebagau tempat snorkeling dan diving.

5. Padang rumput

Padang rumput di wilayah barat Bali merupakan tempat budidaya sapi khas Bali. Sapi Bali ini unik karena merupakan hasil persilangan dengan Banteng. Sapi Bali memiliki warna khas coklat kemerahan dan memiliki daging yang lemaknya sedikit.

Nah itu tadi pembahasan tentang sumber daya alam yang ada di pulau bali, bagi kalian yang berada di bali khususnya wajib tahu dong, oh iya, informasi ini saya ambil dari website Brainly.co.id

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2