5 Penghasilan Masyarakat Banjar Rejo Belitang Jaya Oku Timur

Haloo semua.. Apa kabar kalian semua? tahukah kalian bahwa di sebuah perbatasan provinsi Sumatera selatan dan provinsi Lampung terdapat sebuah desa yang tentram dan rukun.

Desa yang asri dengan masyarakatnya yang ramah dan saling tolong menolong ini memiliki beberapa kelebihan. Mau tahu desanya? Nama desa tersebut Banjar rejo, desa yang masyarakatnya sehari hari mayoritas sebagai petani ini ternyata memiliki beberapa penghasilan untuk mencukupi kehidupan sehari hari. Mau tahu apa saja penghasilan masyarakat banjar rejo. yuk kita bahas sekarang juga.

1. Petani Padi

Banjar rejo merupakan daerah penghasil pertanian padi yang lumayan besar.

Sebagai Petani padi merupakan pekerjaan utama bagi warga banjar rejo. bahkan hampir setiap warga yang ada di banjarejo memiliki lahan sawah dan mengelola sawah masing masing. Setiap musim panen tiba maka akan terlihat begitu sibuk aktifitas masyarakat di desa ini.

Dalam satu tahun didesa banjar rejo ini biasanya bisa dua kali panen padi.

2. Perkebunan Karet

Kebun karet di banjar rejo juga lumayan luas, bahkan masyarakatnya juga sebagian besar sebagai seorang penyadap karet.

Penghasilan dari kebun karet adalah penghasilan kedua warga banjar rejo. untuk memenuhi kebutuhan sehari hari bisa melalui pekerjaan ini.

3. Petani Semangka

Selain Petani Padi dan Penyadap karet, warga banjar rejo juga menjadi petani semangka, namun tidak semua bisa mengerjakan ini. hanya mereka yang memiliki modal dan waktu saja. dan keinginan juga pastinya.

Pertanian semangka ini biasanya dilakukan beberapa bulan mendekati bulan puasa.

sehingga pembeli juga ditujukan kepada masyarakat yang ada di banjar rejo itu sendiri dan sekitarnya

4. Peternak Sapi dan Kambing

Selain petanian dan perkebunan, ternyata masyarakat banjar rejo adalah petenak sapi dan kambing. mayoritas warga banjar rejo memiliki hewan ternak seperti sapi dan kambing.

Bagi mereka, sapi dan kambing dijadikan investasi atau simpanan jangka panjang. Apabila sewaktu waktu membutuhkan uang mereka bisa menjual hewan ternaknya.

5. Perikanan

Nah.. ini yang terakhir, perikanan juga menjadi sumber penghasilan masyarakat banjar rejo, banyak warga banjar rejo yang memilki usaha ternak ikan, baik ikan patin, lele dan lain sebagainya.

Namun penghasilan dari perikanan ini masih kurang diminati masyarakat. sehingga saya jadikan penghasilan terakhir warga banjar rejo.

Kesimpulannya. ternyata warga banjarrejo memang sudah memiliki penghasilan yang lumayan dan struktur kehidupan di desa ini juga tertata dengan rapi.

Dalam penghasilan saja mereka sudah membagi mana yang untuk kehidupan sehari hari, kebutuhan jangka panjang dan kebutuhan yang mendadak.

Penghasilan Jangka Panjang seperti pertanian Padi, Penghasilan sehari hari bisa melalui Perkebunan Karet, dan untuk kebutuhan mendadak mereka sudah menyiapkan ternak sapi dan kambing, dan untuk bonusnya mereka bisa melalui bertani semangka dan ternak ikan.

Namun tidak semua memilki penghasilan seperti itu, namanya kehidupan pasti ada yang dibawah dan diatas. namun saya ceritakan ini adalah mayoritas penghasilan yang ada di desa banjar rejo.

Demikian tadi informasi penghasilan yang ada di desa banjar rejo, apabila ada pertanyaan atau kritik silahkan komentar di bawah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2