10 Tanda Bahwa Bumi Tidak Stabil [Mulai Runtuh] Versi Melex.Id

Hidup di bumi ini kita harus bisa menjaga kestabilan antara ekosistem yang ada. jika kita bisa menjaga bumi ini dengan baik maka sebaliknya bumi juga akan memberikan perlindungan yang baik pula terhadap kita sebagai mahluk bumi.

Namun apa daya bumi sekarang sudah tidak seperti yang dulu, sudah banyak kerusakan ekosistem kehidupan. semua ini terjadi karena bencana alam dan juga ada campur tangan dari manusia itu sendiri.

Sebagai Manusia yang mendiami bumi seharusnya kita sadar bahwa sudah banyak kekacauan yang terjadi di bumi ini. oleh sebab itu saya akan memberikan informasi 10 Tanda Bumi sudah mulai tidak stabil versi Melex.id

1. Amazon Terbakar (The Amazon is burning)

Amazon adalah salah satu hutan terbesar yang ada di bumi ini, bahkan peran penting dipegang oleh hutan ini untuk kelangsungan mahluk di muka bumi ini.


Ekosistem amazon bisa menyerap jutaan ton Emisi Karbon setiap tahunnya, sehingga apabila terjadi kerusakan atau kebakaran seperti yang terjadi saat ini bisa saja membuat amazon melepaskan banyak emisi karbon, selain itu berkurang pula penyerapan terhadap emisi karbon.

Amazon kebakar bisa sangat berdampak terhadap iklim global tentunya

Kita tidak tahu mengapa amazon bisa terbakar, apakah faktor alam dan bisa juga karena oknum tertentu yang tidak bertanggung jawab.

2. Kutub Utara Meleleh (The Arctic's on fire) 

Fenomena Kutub utara meleleh atau mencair ini sudah lama kita dengar. hal ini terjadi bukan karena fenomena alam semata, semua terjadi karena kesalahan dari dari kita sebagai manusia yang kadang berlebihan dalam membangun sesuatu yang bisa berakibat fatal.


Fenomena ini terjadi karena adanya pemanasan global (Global Warming) hal ini terjadi karena efek rumah kaca juga.

Karena terjadinya Pemantulan cahaya yang tekesan terlalu panas sehingga kesetabilan bumi mulai berubah yang mengakibatkan es di kutub utara mencair.

3. Lautan Mendidih (The Oceans are boiling)

Kadang gak masuk akal kan kalau seandainya lautan yang sangat luas itu bisa mendidih? siapa bilang mustahil.


Efek dari pemanasan Global bisa saja membuat laut yang luas di bumi ini mendidih, hal ini juga yang bisa memicu terjadinya es dikutub utara mencair.

Berdasarkan berita yang ada di internet atau di media seluruh dunia sudah banyak yang membahas topik tentang lautan mendidih. Semoga bumi masih bersahabat dengan kita.

4. Terumbu Karang Dunia sekarat (The Coral reefs are dying)

Hal ini sudah dibahas dari tahun tahun sebelumnya, bahwa terjadinya kerusakan terumbu karang dunia, semua dipicu karena ketidak stabilan hubungan ekosistem biologis yang ada di dalam laut.


Iklim yang mulai berubah juga sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan ekosistem di laut.

Koral adalah binatang kecil yang makan dan dapat mempertahankan diri serta membunuh plankton sebagai makanannya. Dalam proses metabolisme itu, mereka mengeluarkan sekret kalsium karbonat yang menjadi dasar cangkang luar tempat mereka tumbuh. 

Deposit yang mengalami kalsifikasi itu dapat tumbuh hingga berukuran luar biasa besar dalam jangka waktu lama dan membentuk apa yang disebut terumbu karang, yang dapat menampung lebih dari 4.000 spesies ikan dan bentuk kehidupan laut lainnya.

Jadi jika ekosistem koral saja sudah tidak dapat dipertahankan bagaimana terumbu karang akan bisa bertahan.

5. Greenland Meleleh (Greenland is melting)

Fenomena ini terjadi karena terjadinya pemanasan globak juga, terakhir kita tahu bahwa Greenland telah mencair 11 miliar ton es ke permukaan laut. 


Hal ini menjadi momok yang mengerikan bagi bumi ini. karena bisa berakibat fatal terhadap kelangsungan umat manusia di bumi.

6. Permafrost Runtuh (Permafrost is collapsing)

Ada yang tahu apa itu permafrost?
Permafrost merupakan lapisan es beku di bawah permukaan bumi yang didalamnya bisa mengandung tanah, kerikil dan pasir. Permafrost biasanya berada di pada lapisan tanah dengan suhu dibawah 0⁰ C selama minimal dua tahun.


Permafrost ternyata sudah banyak yang runtuh, kejadian ini terjadi di alaska, siberia dan sekitarnya,. 

7. Antartika Memanas (Antartica is heating)

Kalau sebelumnya kutub utara yang mencair, kali ini ada kabar juga kalau antartika ikut memanas, walah? hal ini bisa berdampak fatal kepada umat manusia.


Bagaimana tidak sebuah antartika diketahui telah mencair tiga kali lipat dari biasanya. bisa jadi bumi ini tenggelam dengan lautan.

8. Ekosistem Menerjang (Ecosystem is crashing)

Dengan Kejadian yang terjadi sebelumnya, baik dari kebakarn hutan, es di bumi mulai meleleh dan kerusakan di bumi lainnya pasti akan berdampak buruk juga keoada ekosistem dunia.


Semua tidak akan stabil, hancur perlahan dan selama beberapa dekade mendatang kelangsungan hidup di bumi ini sangat terancam.

9. Bumi menjadi Gersang (Earth is turning to dessert)

Mengapa saya katakan demikian, karena karena faktor bumi yang sudah hancur, semua kebakaran dan banyak fenomena alam yang terjadi karena ulah manusia itu sendiri maka bisa disimpulkan bumi akan selesai.


Banyak Terjadi Kekeringan yang membuat suhu semakin panas dan tidak stabil sehingga akan menjadi gersang.

Semua perlu ada perbaikan, baik dimulai dari diri sendiri yang sadar akan cinta bumi.

10. Emisi Bertambah Besar (Emissions is accelarating)

Yang terakhir ini jelas menjawab dari keseluruhan tanda bahwa bumi sudah mulai runtuh, terutama kejadian kebakaran hutan terbesar di bumi yaitu Amazon.

The greenhouse gas inventory shows an accelerated rise in concentrations in recent years. Credit: NOAA

Sudah tahu kan kalau hutan diamazon berpengaruh besar terhadap pengaturan cuaca di bumi terutama untuk penyerapan emisi bumi.

Dengan ada kebakaran di hutan amazon membuat penyerapan emisi bumi semakin mengurang, bahkan malah sebaliknya hutan yang terbakar akan mengeluarkan emisi yang besar dan berdampak terhadap ekosistem bumi.

Nah bagaimana? paham kan kalian dari tanda keruntuhan bumi dengan terjadinya 10 tanda bahwa bumi sudah mulai runtuh dan tak berpihak kepada manusia.

Referensi: 
1. The Amazon is burning
2. The Arctic's on fire 
3. The Oceans are boiling
4. The Coral reefs are dying
5. Greenland is melting
6. Permafrost is collapsing
7. Antartica is heating
8. Ecosystem is crashing
9. Earth is turning to dessert
10. Emissions is accelarating

Our Earth is slowly fading :<

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2