Selamat Hari Pers Nasional 09 Februari 2020 | Sukses Selalu Pers Indonesia

Hari Pers Nasional tepat tanggal 09 Februari setiap tahunnya, saya selaku admin melex.id mengucapkan selamat Hari Pers Nasional.

Harapannya semoga Pers di indonesia ini semakin jaya, berimbang dan terpercaya. dengan adanya pers maka masyarakat bisa mendapatkan informasi lebih cepat.


Tepat 9 Februari 2020 ditetapkan sebagai Hari Pers Nasional, Perkembangan pers di Indonesia berawal pada penerbitan surat kabar pertama, yaitu Bataviasche Novelles en Politique Raisonemnetan yang terbit 7 Agustus 1774.

Menurut UU No 40 tahun 1999, Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik yang meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia.

Pers di Indonesia sempat dibungkam pada rezim pemerintahan Orde Baru di bawah kepemimpinan Presiden Soeharto, di masa itu, Pers yang mengkeritik kebijakan pemerintah langsung diberendel alias ditutup, surat kabar Tempo jadi salah satu badan Pers yang sering diberendel pemerintah Orde Baru.

Tapi pada masa reformasi, saat runtuhnya rezim Orde Baru, kebebasan pers pun mulai dinyalakan, sampai saat ini pers di Indonesia dinilai bebas hingga kebablasan.

Media-media masa ekspatriat di Indonesia kini banyak ditunggangi oleh para politikus, berita-berita yang mereka sampaikan pun tak dapat dihindarkan dari kepentingan politik sang pemilik, walhasil peran pers di Indonesia tak ada bedanya dengan kendaraan politik para politikus yang merangkap sebagai bos media.

Kita hanya bisa berharap jika dunia pers Indonesia bisa selalu mengabdi pada kebenaran dan lebih mengutamakan kepentingan nasional.

Selamat Hari Pers Nasional 📰

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2